Tips: Bagaimana Cara Membaca Banyak Buku?

Pernah nggak sih, kamu merasa ingin membaca banyak buku, tapi waktu yang kamu miliki terbatas?
Jika iya, inilah empat tips yang bisa kamu terapkan untuk membaca banyak buku meski waktu yang kamu miliki terbatas. Yuk, simak tips berikut ini!

1. Luangkan 15 menit
Dalam sehari manusia memiliki waktu 24 jam untuk melakukan berbagai aktivitas. Di antara waktu yang ada, kamu bisa meluangkan minimal 15 menit sehari untuk membaca. Setidaknya kamu bisa memperoleh sepuluh halaman dalam 15 menit. Jadi, sesibuk apa pun, coba sempatkan untuk membaca buku selama 15 menit. Lebih lama, lebih baik.

Bagi kamu yang belum terbiasa membaca buku juga bisa menerapkan sistem ini. Namun yang terpenting, waktu 15 menit untuk membaca itu bisa dilakukan sesering mungkin dan secara rutin. Semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk membaca, maka semakin banyak buku yang bisa kamu baca dan nikmati.

2. Membawa buku ke mana saja
Pernah melihat atau mendengar kebiasaan membaca orang Jepang?
Negeri asal bunga sakura ini terkenal memiliki budaya membaca yang baik. Salah satu kebiasaan warga Jepang adalah membaca di dalam kendaraan umum, seperti di kereta atau bus. Ketika berpergian kamu juga bisa melakukan hal serupa dengan selalu membawa minimal satu buku di dalam tas selama perjalanan.

Buku yang kamu bawa bisa membantu untuk tetap membaca sekaligus mengisi waktu selama perjalanan. Semakin banyak buku yang kamu bawa ketika bepergian, semakin banyak buku yang bisa kamu baca. Selain itu, membaca juga dapat membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan.

3. Membaca buku di waktu luang
Selalu ada waktu luang yang tersedia saat menunggu kelas , saat jam kantor belum dimulai, atau saat di perjalanan pergi dan pulang. Di saat seperti itu, setiap orang dapat melakukan berbagai hal, seperti mendengarkan musik, menonton video di youtube, berselancar di media sosial, atau membaca buku. Membaca buku di waktu luang, selain memberi kesenangan, juga dapat membantu untuk membaca lebih banyak buku. Yuk, gunakan waktu luang untuk membaca!

4. Miliki tempat dan waktu khusus untuk membaca
Setiap orang memiliki tempat dan waktu khusus untuk membaca. Ada yang terbiasa membaca di tempat yang sepi atau di tengah keramaian. Ada juga yang biasa membaca buku baik di pagi hari, sore hari, atau malam hari. Memiliki tempat dan waktu khusus dalam membaca dapat membantu kita untuk tetap membaca buku.
Kamu dapat menentukan tempat dan waktu khusus membaca sesuai selera . Cobalah cari dan temukan waktu terbaikmu. Tentukan sendiri dengan mencobanya dalam berbagai kesempatan. Dari situlah kamu dapat menemukan waktu yang menurutmu menjadi waktu dan tempat yang tepat untuk membaca.

Jika kamu sudah menemukan waktu tersebut, usahakan untuk menerapkannya secara konsisten agar terbiasa dan memiliki kebiasaan membaca. Tetapi tentu saja yang paling baik adalah bisa membaca buku di mana pun dan kapan pun.

Itulah keempat tips yang bisa kamu terapkan untuk membaca banyak buku. Semoga bisa membantu kalian dan selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Close