Beranda » 2018

Showing 1–30 of 59 results

Show sidebar
Close

Mereka Sibuk Menghitung Langkah Ayam – Mojok

Rp 68.000

Rusdi Mathari mulai serius menekuni dunia tulis-menulis ketika meletus Perang Teluk pertama. Setelah artikel pendek tentang Perang Teluk ia kirimkan ke Suara Pembaruan dimuat, ia melompat kegirangan dan menunjukkan karyanya ke tukang-tukang becak yang mangkal di pinggir jalan di depan rumahnya.

Sejak itu, berbagai tema digarapnya. Namun sepertinya bernada sama; ketimpangan, ketidakadilan, dan orang-orang yang disingkirkan. Buku ini mencoba merangkum karya-karya jurnalistiknya.

Close

Karena Jurnalisme Bukan Monopoli Wartawan – Mojok

Rp 78.000

Ketika konsentrasi kepemilikan media meningkat, senjakala media cetak hampir tiba, tsunami hoax dan berita palsu muncul, gejala ketidakpercayaan terhadap media arus utama membesar, jurnalisme sedang berada dalam episode-episode menegangkan. Di buku ini, Rusdi Mathari membaca situasi tersebut dan mengajukan berbagai refleksi serta kritik.

***

Rusdi Mathari – Karena Jurnalisme Bukan Monopoli Wartawan

Close

Dunia Kali – Mojok

Rp 78.000

“Ya, Dunia Kali adalah dunia kanak-kanak. Dunia kanak-kanak adalah dunia manusia juga. Dan, dunia manusia adalah semesta yang terlalu sederhana untuk dirumit-rumitkan, tapi juga terlalu pelik untuk disederhanakan.”

?Roem Topatimasang

Buku ini merekam interaksi seorang bapak dengan anak laki-lakinya. Banyak kisah jenaka, ada juga kisah yang mengaduk perasaan. Dari situ kita tahu, dalam relasi bapak-anak, bukan hanya anak yang belajar dari bapak, juga sebaliknya.

Hari ini seharian, kami mengantar Kali mencari sekolah. Sebelum itu, kami mendaftar dulu keinginan Kali jika kelak dia masuk sekolah dasar. Ini daftar keinginan Kali:

Boleh telat masuk.
Ada acara kemping.
Ada pelajaran kungfu.
Boleh makan indomie.
Ada kambingnya.
Ada kolam renangnya.
Ada sungainya.
Ada panggung untuk menyanyi dan orasi.
Ada lapangan futsalnya.
Tidak masuk sekolah gak apa-apa.
Boleh berlari-lari di dalam kelas.
“Gak sekalian ada gedung bioskopnya, Nak?” tanya saya dengan setengah putus asa.

“Yaaa! Bapak cerdaaas sekali… itu juga penting!” jawabnya dengan girang.

Ndasku langsung ngelu….

***

Puthut EA – Dunia Kali

Close

Catatan Sang Murabbi – Diva Press

Rp 55.000

Bahwa jalan sulit dan berliku, ini adalah jalan menuju surga-Nya….. Disini.
Ada keterpisahan dan rindu yang tak yerengkuh kecuali oleh kata-kata.
oh…., kutahu diary ini ungkin hanyalah catatan rindu…..
Seorang gadis kecil di hadapanku…
Kini aku tak lagi melihatnya menangis…
Sepertiku barangkali, tapi tidak saat ini.
Saat ini air mataku kenapa tumpah begitu saja.
Tidak ada penyaringnya, pertahanan itu jebol.
Tapi intan mengajariku untuk kembali.

Close

Saleh Ritual Saleh Sosial – Diva Press

Rp 60.000

Kita menyembah dan mengabdi kepada Allah dalam sembahyang kita, dalam puasa kita, dalam zakat kita, dalam haji kita, dalam pergaulan rumah tangga dengan anak-istri kita, dalam pergaulan kemasyarakatan dengan tetangga dan sesama, pendek kata dalam segala gerak-langkah hidup kita.

Namun sayang, sering kali kita, bukan saja membatasi penyembahan dan pengabdian dalam ritus-ritus khusus seperti itu, bahkan dengan itu kita masih pula mendangkalkannya dalam pengertian fiqhi-nya yang lahiriah. Gerak-laku kita di dalamnya sering kali hanya sekadar gerak-laku rutin yang kosong makna.

Dari sinilah agaknya bermula ungkapan dikotomis yang sungguh tidak menguntungkan bagi kehidupan beragama di kalangan kaum Muslim, yaitu ungkapan tentang adanya kesalehan ritual di satu pihak dan kesalehan sosial di pihak yang lain. Padahal kesalehan dalam Islam hanya satu, yaitu kesalehan muttaqi (hamba yang bertakwa), atau dengan istilah lain, mukmin yang beramal saleh. Kesalehan yang mencakup sekaligus ritual dan sosial.

“Gus Mus adalah pendekar kehidupan yang bukan sekadar sanggup menemukan ketenteraman dalam kecemasan, menggali kebahagiaan dari jurang derita, atau menikmati kekayaan di dalam kemiskinan. Lebih dari itu Gus Mus bahkan mampu membuat kegelapan itu tak ada, karena yang ada pada beliau, dan bahkan beliaunya itu sendiri: adalah cahaya. ” – Emha Ainun Nadjib [Budayawan]

Close

Identitas Politik Umat Islam – Diva Press

Rp 90.000

Dalam politik, umat Islam seperti penumpang perahu yang berlayar di laut lepas, tanpa bintang, tanpa kompas, tidak tahu tujuan, dan tidak tahu cara berlayar. Kadang-kadang umat dibuat bingung karena panutannya berbuat seenaknya, lupa bahwa di belakangnya ada banyak orang. Karenanya, kaidah politik umat harus ditentukan dengan jelas, sehingga umat terbebas dari temperamen pribadi seorang pemimpin. Bahkan, seorang pemimpin harus mengikuti kaidah, bukan sebaliknya, menentukan kaidah.

Close

Kura-Kura Berjanggut – Banana

Rp 270.000

Kura-Kura Berjanggut (Azhari Aiyub)

Dua budak perempuan Abesy turun di Bandar Lamuri pada paruh kedua abad keenam belas. Bintang-bintang di langit pun mulai bergerak menandai awal mula perubahan besar di negeri-negeri Selat Malaka. Anak lelaki salah seorang budak itu kemudian tampil merebut kekuasaan melalui Pembasmian Merica. Dinasti lama tersingkir, demikian pula penguasa sesungguhnya kawasan Selat: kongsi dagang Ikan Pari Hitam.

Si Ujud sedang belajar di Sekolah Perkapalan dan Lautan Istamboel saat mengetahui kedua orang tuanya menjadi korban pembantaian. Demi membalaskan dendam, ia rela menempuh jalan berputar: merompak bersama Tata Sirf melawan Liga Suci, memimpin eskader Bambu Hitam di perairan Sulu, dan bahkan menjadi mata-mata Anak Haram Lamuri. Namun, tak hanya Si Ujud yang bergerak. Persaudaraan rahasia Kura-kura Berjanggut berkali-kali mengirimkan pembunuh bayaran demi mendapatkan kepala Sultan Lamuri.

Lamuri tak bebas dari banjir darah tiga abad kemudian ketika sekian ekspedisi dikerahkan pemerintah kolonial Hindia Timur. Setelah perlawanan rakyat Aceh diredam, muncul para pembunuh yang hanya mengincar orang kulit putih — suatu hal yang bahkan tak bisa diperkirakan oleh Snouch Hurgronje.

***

KURA-KURA BERJANGGUT menyerap kita ke dalam petualangan-petualangan menakjubkan yang melibatkan pertempuran di laut, muslihat di antara para pengkhianat, adu gajah sampai mati, nahkhoda Zeeland gila, ulat merica, agama yang memuja Kerang yang lebih tua ketimbang alam semesta, wangsa Pemburu Tuhan, penyelewengan perasaan penderita kusta, para pembunuh yang menumpang hidup di negatif foto, pertarungan burung tiung pencicip makanan raja melawan koki asal Lombardia, dan sufi Hamzah Fansuri yang diperebutkan Tarekat Burung Pingai dan Pertapa 33 Tasbih sekaligus ditakuti Anak Haram Lamuri.

Close

Kelakuan Orang Kaya – Mojok

Rp 78.000

Beragam kelakuan orang kaya. Dari mulai yang suka memperlihatkan kemewahan, sampai berpenampilan seperti orang biasa. Tapi yang jelas, orang yang berpura-pura kaya, pasti bukan orang kaya.

Orang Kaya itu lalu memalingkan mukanya kepada sekretaris pribadinya, “Coba kamu cari informasi, dari perusahaan apa mobil boks itu. Kamu kontak pemiliknya. Siapa tahu perusahaan itu mau dijual. Sepanjang hidupku, kalau aku kecelakaan, orang yang menabrakku selalu punya usaha yang bagus. Dan biasanya bersedia aku beli.”

“Saya sudah tahu perusahaannya, Pak.”

“Bagus?”

“Bagus sekali, Pak.”

“Siapa yang punya?”

“Bapak.”

Laki-laki kaya yang sorot matanya penuh pesona itu terlihat kaget.

“Maksudmu?”

“Iya, Pak. Mobil boks itu adalah salah satu mobil dari salah satu perusahaan Bapak di kota ini”, ujar si Sekretaris itu dengan muka datar.

“Oh…” laki-laki itu melambaikan tangannya. Memberi tanda agar sekretarisnya segera pergi.

-9%
Close

Ayong

Rp 45.000 Rp 41.000

Ini bukan kisah yang sederhana.

Bukan tentang seorang siswa SMA yang berprestasi dan membuat bangga, melainkan tentang siswa yang sering dihukum kepala sekolah karena BERMASALAH.

Ini bukan kisah yang sederhana.

Bukan hanya tentang PERSAHABATAN di sekolah yang selalu identik dengan setia dan bahagia, melainkan tentang perseteruan seru antara ANAK IS dan ANAK IA.

Ini bukan kisah yang sederhana.

Bukan tentang ROMANSA yang penuh dengan kata-kata mesra, melainkan tentang betapa tipis jarak antara BENCI dan CINTA.

SELAMANYA.

INI BUKAN KISAH YANG SEDERHANA.

-10%
Close

Seri Petualangan Sherlock Holmes – Wisteria House

Rp 72.000 Rp 65.000

“Warna-warna kita sendiri, hijau dan putih. Hijau artinya terbuka, putih berarti tertutup. Tangga utama, lorong pertama, pintu nomor 7 di sebelah kanan, pintu berwarna hijau . D.” Itulah pesan yang diterima Tuan Gusti Garcia sebelum terbunuh malam itu. Pagi harinya para penghuni rumah itu menghilang.

Holmes menduga ada keterlibatan beberapa kelompok yang menjalankan ritual-ritual aneh dalam pembunuh Tuan Garcia. Siapakah pembunuh Tuan Garcia? Bagaimana cara Holmes mengungkap kasus rumit ini?

-9%
Close

Seri Petualangan Sherlock Holmes – Berlian Biru

Rp 65.000 Rp 59.000

Lady Morcar kehilangan sebutir berlian birunya ketika menginap di Hotel Cosmpolitan. Petugas kamar hotel yang sedang memperbaiki meja kamarnya pun menjadi tersangka atas hilangnya berlian tersebut. Holmes dan Watson terjun mengungkap kasus tersebut.

Benarkah petugas hotel yang telah mencuri berlian biru milik Lady Morcar? Fakta apa saja yang ditemukan Holmes dalam mengungkap kasus tersebut?

-8%
Close

Seri Petualangan Sherlock Holmes & Lima Kasus Paling Misterius

Rp 60.000 Rp 55.000
Seorang pria berbadan tegap dan bertopeng mengunjungi kediaman Holmes untuk meminta tolong memecahkan kasusnya. Dalam kasus ini Holmes menghadapi seorang wanita cantik nan cerdik, ia adalah Irene Adler.

Siapakah pria bertopeng tersebut? Ada hubungan apakah antara pria bertopeng dengan Irene Adler? Mengapa pria bertopeng tersebut meminta bantuan Holmes? Mampukah Holmes memecahkan kasus ini?

SImak 5 kisah misterius dalam buku ini: Sebuah Skandal di Bohemia, Sebuah Kasus Identitas, Persatuan Rambut Merah, Misteri Boscombe Valley, dan Laki-Laki Berbibir Sumbing.
-6%
Close

Lampyridae – 60 Camilan Jiwa

Rp 48.000 Rp 45.000

Membaca “LAMPYRIDAE” ibarat memakan camilan. Anda harus menggigitnya sedikit demi sedikit untuk merasakan nikmatnya. Kumpulan tulisan pendek ini membuka banyak pintu pikiran. Ia mencoba memperlihatkan sisi baik dari kehidupan, sisi baik dari pilihan, sisi baik dari berkeluarga, bahkan sisi baik dari ketidakadilan dan kesialan.

Pernahkah Anda berhenti sejenak menikmati indahnya mawar untuk menghirup wanginya? Itulah yang penulis lakukan. Memulung sari wewangian dari hal-hal yang biasa diabaikan orang tetapi mengusik nuraninya, seperti soal mengalah untuk orang lain, membuat pilihan apakah harus bersabar atau marah, saling mendahulukan, keunikan cinta universal dan cinta egois, tentang perkembangan anak-anak, hingga kejadian-kejadian  unik dan luar biasa lain yang dialaminya.

Ditulis dengan ringan, cerdas dan sedikit humor, ditambah kutipan-kutipan pendek yang berkesan, buku ini terasa “sehat” untuk dikonsumsi jiwa.

-3%Sold out
Close

The Book of Almost – Brian Khrisna

Rp 66.000 Rp 64.000

Tak ada yang lebih menyakitkan dalam jatuh cinta kecuali kata hampir.
Aku hampir merasa kau yang selama ini kucari. Kau hampir membuatku berhenti berlari.
Mesti pada akhirnya, kita berdua hanya sebatas hampir; hampir seperti sepasang kekasih.
Memang, melupakan adalah fase terberat dari perpisahan. Karenanya, hati hanya perlu mengikhlaskan, bukan melupakan.

-5%
Close

Disforia Inersia – Wira Nagara

Rp 55.000 Rp 52.000

EDISI TTD WIRA NAGARA

Bagi yang lama sendiri sebab hatinya pernah patah, bisa menyukai kembali adalah suatu anugerah.

Karena salah satu ketakutan dari hari-hari setelah ditinggalkan adalah kepastian akankah hati terbuka kembali setelah remuk yang terlalu mengunci.

Ragu adalah rantainya, luka sebagai pakunya, melingkar menjadi pagar dengan sunyi sebagai liat perekat seluruh sekat hingga berkarat.

Hidup laksana bianglala, berputar menebar bahagia seakan semua baik-baik saja lalu lupa bahwa poros gerak tetap diam dan tak ke mana-mana.

Close

Alegori 420

Rp 60.000

Banyak stigma buruk mengenai ganja sebagai tanaman candu yang berbahaya. Namun begitu muncul pertanyaan tentnang apa yang membuatnya berbahaya, belum tentu ada yang bisa menjawabnya. Buku Alegori 420 ini mencoba menjelaskan sejarah kemunculan ganja dan sejarah penggunaanya di berbagai negara.

Mengenalkan seluk-beluk tanaman ganja, baik manfaat maupun dampak buruknya. Selain itu hikayat ganja dalam budaya populer juga tersaji di buku ini.

“Ilegalitas ganja sangatlah hina, sebuah halangan atas pemanfaatan obat yang dapat membantu memproduksi ketenangan dan wawasan, kepekaan dan persahabatan yang sangat dibutuhkan bagi dunia yang semakin gila dan berbahaya ini”. —Carl Sagan

“Sangat membingungkan ketika melihat marijuana dihubungkan dengan narkotika…obat-obatan dan hal-hal busuk itu. la ribuan kali lebih baik daripada whiskeyia adalah seorang asistenseorang sahabat. ” —Louis Armstrong

‘Ketika kau mengisap ganja, ia mengenalkanmu pada dirimu. —Bob Marley

-20%
Close

Cerita Tentang Sebuah Cerita Tentang Sebuah Cerita

Rp 50.000 Rp 40.000

Ketika Yesus disalib, aku benar-benar ada di sana. Aku masih ingat aroma darah dan segala macamnya; tetapi yang melekat hanyasatu, yakni bahwa aku benar benar berada di suatu bukit, dan melihat beberapa lelaki disalib, yang salah satunya kukenal sebagai Yesus. Sembari menyaksikan itu, aku memikirkan apakah mayat-mayat di suatu tempat, yang kusembunyikan dihari yang sama, pada akhirnya ditemukan?

-8%
Close

Nirwana dan Berbagai Ihwal Soal Derita – Dimas Putra

Rp 60.000 Rp 55.000

Duka Sialan!

Larut dalam lamunan
Menatap kosong bualan
Tak perlu mengindahkan kata-kata.
Sialan!
Buang jauh-jauh apa kata pikiran

Perlahan tumbuh, lalu runtuh
Diam-diam membangun, tapi hancur
Hei jangan sampai luluh!
Nanti kita semua akan terkubur

Matahari hilang, bulan datang
Seterusnya akan seperti itu
Mari kita nanti bersulang
Saat kiamat menghampiri kita satu per satu

Bersenang-senanglah selagi bisa
Sebab, kesedihan pasti akan datang juga
Buat apa hidup hanya meratapi duka
Jika suka selalu bisa kita jemput di ujung sana

-10%
Close

Suara – Ridho Ibadurrahman

Rp 50.000 Rp 45.000

Suara itu menjadi sebuah saksi. Suara itu menjadi sebuah titik ketika dunia berputar balik. Ini adalah ceritaku. Aku, Hargoro. Ini adalah cerita ketika cinta yang telah lama saya nantikan akhirnya memeluk erat tubuhku kembali. Namun, ini bukanlah sebuah kisah cinta romantis dengan kata-kata mutiara dengan membawa nama senja. Ini adalah kisahku. Kisah ketika cinta itu datang beriringan dengan kasus penculikan adikku. Ini adalah sebuah kisah cinta. Kisah cinta yang membuat seluruh duniaku berubah dan tidak pernah kembali seperti semula.

-10%
Close
-10%
Close

Malam Sakura – Alex Runggeary

Rp 50.000 Rp 45.000

Mungkin satu-satunya kenangan kolektif terindah bagi mahasiswa Universitas Cenderawasih, khususnya mereka yang ditampung di asrama tahun 1970-1974. Bila sekarang kau bertanya kepada mereka, “Apakah Anda tahu Malam Sakura?” Siapa pun dia masih mengenangnya dengan ulasan terindah yang dimilikinya. Betapa tidak? Inilah satu-satunya acara yang mempersatukan anak-anak asrama sekaligus memperluas jangkauan pergaulan mereka antarmuda-mudi sekota Jayapura, terutama gadisnya yang cantik-cantik dari Sentani sampai ke Base-G. Bagaimana sesungguhnya cerita Malam Sakura ini? Setiap orang tentu memiliki kenangan indah dan mengungkapkannya dengan caranya sendiri. Penulis mengungkapkan kenangan itu menurut titik keterlibatannya di sana.

Buku ini sangat berguna bagi para pemuda yang ragu terhadap kemampuan diri sendiri. Kau dapat belajar dari satu pengalaman nyata seorang pemuda yang nyaris tanpa harapan. Ia bangkit dari keterpurukan bawaan yang hampir saja menghanyutkannya. Akan tetapi, sungguh ada keajaiban. ”Sometimes it happens now and then,” begitu kata Jim Reeves. Gunakan semua peluang yang ada dan manfaatkanlah pertemanan yang baik. Kau tak akan pernah menduga dari mana datang pertolongan di saat kau membutuhkan. Sesederhana apapun itu, pertemanan harus dijaga di mana pun kau berada.

-5%Sold out
Close

Nelangsa – Gentakiswara

Rp 71.500 Rp 68.000

Akan ada suatu keadaan dalam hidupmu, kau bertemu dengan seseorang yang begitu berharga untuk kemudian mematahkan hatimu. Dalam berjuta harapan, kau selalu saja dikalahkan olehnya, walau kau sempat memenangkan hatinya. ***“Nelangsa” merupakan buku kumpulan prosa ke-3 Gentakiswara setelah “Pada Sebuah Kata Pergi” dan “Evolusi Rindu” yang terbit di Gradien Mediatama. Penulis yang juga seorang flashpacker dan barista dengan basis masa di Instagram ini memang selalu memadukan tema cinta, patah hati, dan kehilangan dalam setiap tulisannya. Dan kini, setelah buku pertama dan keduanya direspon pembaca dengan baik, ia menghadirkan “ruang sendiri untuk mengenang yang telah pergi” dalam buku ketiganya.

-8%
Close

Buku Rahasia Geez – Rintik Sedu & Helloditta

Rp 77.000 Rp 71.000

Ann, kamu hanya seorang perempuan yang baru kutemui beberapa menit saja, tapi sebagian besar dari diriku sudah berhasil kamu curi.Kamu berbeda, dan hal itu akan selalu jadi jawaban untuk setiap pertanyaan, termasuk kenapa aku menyayangimu. Aku hanya ingin membuatmu bahagia.Kalau ternyata hasilnya tidak seperti yang kuperkirakan, berarti itu bukan rencanaku, Ann.Buku Rahasia Geez adalah ungkapan kejujuran Geez sejak awal mengenal Ann—perempuan yang ditemui di acara pensi sekolah, yang sangat ingin memiliki rumah pohon dengan teropong bintang. Bukan hanya tulisan, di buku ini juga terdapat ilustrasi manis yang akan membuatmu mengerti perasaan Geez kepada Ann. Bersiaplah untuk jatuh hati kepada Dewa Kejutan yang membuat Ann susah move on.

Close

Paradigma – Syahid Muhammad

Rp 77.000

“PARADIGMA” merupakan novel tunggal ke-2 Syahid Muhammad lanjutan dari novel pertamanya “EGOSENTRIS”. Sebelumnya, ia juga sukses di novel “KALA” & “AMOR FATI” duet dengan Steffani Bella. Sepertihalnya novel EGOSENTRIS, PARADIGMA menjadi novel yang bisa menjadi representase kehidupan sehari-hari remaja saat ini mulai dari persahabatan, cinta, keluarga, hingga fenomena saat ini yang dianggap sepele kebanyakan orang namun berdampak besar bagi kesehatan mentalnya. Dirangkum dalam satu alur cerita yang sulit ditebak. Bisa menjadi buku pilihan menarik yang bisa memberikan oase menyehatkan untuk melihat kembali sisi-sisi kemanusiaan kita di tengah hiruk pikuk kehidupan sosial masyarakat saat ini.

Close

Kata – Rintik Sedu

Rp 99.000

Nugraha Andai bisa sesederhana itu, aku tidak akan pernah mencintaimu sejak awal. Aku tidak akan mengambil risiko, mengorbankan perasaanku. Namun, semua ini di luar kendaliku. Biru Banda Neira adalah hari-hari terakhirku bersamamu. Kutitipkan segala rindu, cerita, dan perasaan yang tak lagi kubawa, lewat sebuah ciuman perpisahan. Berjanjilah kau akan melanjutkan hidupmu bersama laki-laki yang bisa menjaga dan menyayangimu lebih baik dariku. Binta Cinta pertama seorang perempuan yang didapat dari laki-laki adalah dari ayahnya. Dan cinta pertama itu, telah mematahkan hatiku. Ayahku sendiri membuatku berhenti percaya dengan yang namanya cinta. Nugraha, Biru, dan Binta saling membelakangi dan saling pergi. Mereka butuh kata-kata untuk menjelaskan perasaan. Mereka harus bicara dan berhenti menyembunyikan kata hati serta mencari jawaban dari sebuah perasaan.

-5%Sold out
Close
-9%
Close

Di Kota Tuhan – Stebby Julionatan

Rp 45.000 Rp 41.000

Melalui Stebby, kita merasakan puisi menjadi suci dan agung.
Terkadang angkuh, terkadang melata, kerap pula menebas seperti
pedang. Baginya, puisi tidak lahir hanya menjadi etalase
kata-kata indah tapi lautan makna. Ia mengemban tugas utama
menggiring manusia menuju kemuliaan.
–Moch Satrio Welang, pelakon, juri Siwa Nataraja Awards 2016

Sebuah tawaran menarik. Pertemuan mengasyikan antara sejarah
dan puisi. Gambaran atas tenun kebangsaan yang ciamik
menggunakan model carangan kitab suci. Kebhinekaan suku,
ras, dan agama mewujud dengan begitu memesona dalam kepekaan
lokalitas yang menawan.
–F. Aziz Manna, penyair, peraih Kusala Sastra 2016

-8%
Close

Langit Yang Jatuh – Saufi Tahir

Rp 60.000 Rp 55.000

“Kiranya kita semua mengerti bila menulis ialah seni membaca diri sendiri, dan ketika saya membaca tulisan-tulisan di “Langit yang Jatuh”, saya seperti membaca diri saya sendiri. Tak semua penulis sanggup membuat pembaca menemukan dirinya sendiri pada apa yang ditulis oleh penulis, namun Saufi Tahir sanggup melakukannya dan itu hebat.

Saya lebih menikmati tulisan sederhana, tanpa banyak unsur sastra atau majas, pada tulisan milik Saufi Tahir, saya bisa menikmati kesederhanaan kata-katanya.

Pada tulisan-tulisan di dalam manuskrip ini, ia tak hanya sanggup merangkai kata demi kata dengan apik, tetapi ia juga sudah berhasil merebahkan dirinya ke dalam puisi, menjadi puisi sederhana, namun tak mudah terlupakan begitu saja di dalam kepala.

Selamat untuk Saufi Tahir dan untuk tulisan-tulisannya! Saya sampai membacanya berulang kali.”

-Kharisma P. Lanang, Penulis Untuk Matamu.

-10%
Close

The Darkened Valley – Alex Runggeary

Rp 90.000 Rp 81.000

Cerita dalam buku ini dibangun di atas fakta dan diolah melalui fiksi. Kisah dalam buku ini menceritakan kebrutalan militer Indonesia terhadap rakyat Papua pada tahun 1963-1969. Bahkah kebrutalan ini terus berlanjut dalam bentuk dan waktu yang berbeda, yang tentu saja tidak bekesudahan. Semua orang menjadi buta dan tuli untuk melihat dan mendengar jerit tangis mereka. Di sini!

Bagian awal adalah cerita tentang masa kehidupan baru di Indonesia. Bagaimana kehidupan di asrama, khususnya cerita tentang Kota Serui yang kecil dan permai. Kemudian disusul beberapa bagian yang menceritakan bagaimana kehidupan yang berat di kampung pada masa sebelumnya. Seperti keputusan untuk dapat bersekolah yang tidak semudah membalik telapak tangan. Perjuangan keras di tengah sistem pendidikan Belanda yang mengharuskan “hanya yang terbaik yang bisa lolos ke jenjang pendidikan berikutnya”. Sekolah adalah suatu perjuangan tersendiri yang melibatkan seluruh anggota keluarga, bahkan orang sekampung. Pendidikan di sekolah haruslah diraih, bukan hadiah.

Kemudian cerita bersambung lagi ke Serui, di asrama ODO. menceritakan bagaimana bentrokan dengan tentara terjadi. Bagaimana Organisasi Papua Merdeka (OPM) bergeliat di tengah pengetatan kekejaman tentara Indonesia. Ada pula kisah cinta segitiga yang terjadi antara murid dan guru yang memperebutkan seseorang yang sama. Apakah ada unsur persekongkolan dan pengkhianatan?