Sepak Bola 2.0

Oleh: , , , ,

Buku ini merupakan proyek kreatif yang melibatkan 20 penulis. Lalu didukung oleh 67 orang yang membantu mewujudkan buku ini melalui crowdfunding yang dilakukan oleh Fandom selama dua bulan (November-Desember). Untuk proses pengerjaannya sendiri, kami melakukan sejak awal 2015. Setelah melalui serangkaian diskusi baik tatap muka maupun melalui media sosial, akhirnya ada 19 naskah (ada satu naskah yang ditulis oleh dua penulis) yang lolos kurasi dan masuk ke daftar isi buku ini dengan beragam tema seputar sepak bola dalam konteks kekinian. Sepak Bola 2.0.

“Secara perilaku, kurang gila apa sih orang Indonesia pada sepak bola? Jawabannya mungkin satu: kurang menggilai buku-buku sepak bola. Lha gimana kurang gila kalau literaturnya pun memang tak banyak. Maka ketika ada orang-orang kita yang mau membukukan pikiran-pikirannya tentang sepak bola—seperti yang dilakukan Fandom ini—, barangkali itu sebuah kegilaan tersendiri agar sepak bola tak sekadar cuap-cuap belaka, yang membuat mulut berbusa saat memperbincangkannya, tapi busa itu lalu mengering begitu saja dan setiap kegilaan pikiran sepak bola itu menjadi tak pernah terdokumentasikan,”
Andi A. Sururi, Redaktur Olahraga Detik.com.

“Saat ini, sepak bola Indonesia memang sedang terpuruk. Namun, dunia penulisan sepak bola sedang menggeliat. Buku ini adalah bukti nyata,”
Mahir Pradana, Staf Pengajar Univeristas Padjajaran Bandung.

“Sebagaimana judulnya, buku ini mengajak pembacanya untuk berinteraksi lebih jauh mengenai sepak bola. Namun, terlepas dari itu semua, buku ini juga membuktikan satu hal krusial: bahwa di Indonesia, sepak bola ternyata tak cuma melulu soal politik dan ketamakan, tetapi juga berguna untuk mencerdaskan. Buku ini jelas harus masuk daftar belanja Anda,”Eddward S. Kennedy, Penulis Buku Sepak Bola Seribu Tafsir, Pemimpin Redaksi Mojok.co.

SKU: 978-602-3091-58-4
Berat0.50 kg
Dimensi14 x 21 cm
Penerbit

Fandom

Format

Jilid Biasa

Jumlah Halaman

242