Mencari Marxisme

Oleh:

Esai-esai di buku ini adalah kumpulan terpilih tulisan Martin Suryajaya di situs indoprogres.com selama 2010-2014. Esai-esai ini dipilah secara tematis agar keterhubungan logisnya lebih mudah dicermati.

Bila ada benang merahnya, maka di sepanjang tulisan ini akan kita saksikan sikap “berpegang teguh pada metode”, Martin tidak berpegang teguh pada otoritas Marx dan teks-teksnya. Sebaliknya, yang ia lakukan adalah analisis logis atas Marxisme, yang dalam banyak tulisannya dilakukan melalui sederet klarifikasi atas banyak konsep Marxis.

Apa pentingnya mengklarifikasi berbagai konsepsi Marxisme dalam kontek saat ini? Pertama, untuk menjernihkan berbagai kekeliruan tentang tesis-tesis Marxisme. Kedua, untuk menunjukkan bagaimana materialisme historis dan dialektis sebagai ontologi dan epistemologi Marxisme dapat digunakan sebagai pisau analisis untuk menyibak selubung ideologis berbagai hal. Ketiga, untuk menginisiasi sebuah perang kelas dalam ranah ilmu pengetahuan, terutama ilmu yang menjadi basis legitimasi corak produksi kapitalis yang dominan saat ini.

SKU: 7465
Berat0.40 kg
Format

Jilid Biasa

Penerbit

Marjin Kiri

Tahun Terbit

2016

Jumlah Halaman

334

Close