Kearifan Dalam Ritual Pernikahan Jawa

Oleh:

Ritual atau prosesi pernikahan tradisional–seperti pernikahan tradisional Jawa Tengah—merupakan manifestasi dari doa dan pengharapan keluarga kedua mempelai. Doa yang merupakan perwujudan atas kerendahan hati dan persembahan seorang hamba terhadap Tuhannya, serta harapan agar kedua mempelai menjalani kehidupan baru dengan penuh berkah.  Juga harapan agar mendapatkan limpahan rahmat dari Yang Mahakuasa sehingga memuluskan jalan mereka dalam membina keluarga.

Isi buku ini memberikan gambaran betapa indah dan sakralnya doa juga harapan yang ada dalam ritual tradisional pernikahan Jawa. Semua prosesi memiliki makna mendalam. Buku ini juga menjelaskan langkah-langkah melakukan ritual dalam serangkaian upacara pernikahan. Semua ini merupakan hasil dari pengalaman maupun pengetahuan dari beberapa orang yang mumpuni dan diberikan secara turun temurun.

Lebih dari itu, buku ini adalah perwujudan rasa hormat yang begitu dalam terhadap nilai dan kebijaksanaan yang terdapat di masyarakat tradisional sehingga dapat melahirkan keindahan yang tersaji dalam setiap karya, seperti seni, ritual, dan sebagainya. Karena tiap karya yang disajikan masyarakat tradisional merupakan persembahan dan ekspresi pengabdi diri dari seorang hamba pada Tuhannya.

SKU: 31902
Berat0.3 kg
Penerbit

Orbit

Tahun Terbit

2017

Jumlah Halaman

142

Close