JULIA: Komik Biografi John Lennon

Oleh:

Buku cergam ini disusun untuk melengkapi khasanah buku bacaan pada umumnya, dan buku cergam pada khususnya. Untuk melengkapi kisah cerita atau biografi secara bergambar-seorang musisi legendaris dunia, yang lahir di kota Liverpool, Inggris.

Buku cergam ini berisikan kisah perjuangan seseorang dan musisi yang menyatukan visinya mengusung genre musik Rock ‘N Roll dengan berjuang dari bawah. Seorang anak muda bersemangat namun dalam situasi keluarga yang kurang harmonis. Musisi muda yang berbakat, John Lennon, mulai merajut angan dan mewujudkannya menjadi karya nyata, sebuah kreativitas seni musik. Dimulai dari lingkungan lokal pergaulan anak muda seperti kebanyakan, yang hingga pada akhirnya mampu menembus ranah musik internasional kelas dunia.

Sebagai musisi, John Lennon juga terpengaruh oleh musik Rockabilly yang dimotori Chuck Berry, Elvis Presley, Gene Vincent, dll. Dan sebuah fakta menuliskan; Tielman Brothers, grup pengusung genre Rockabilly yang lahir di Indonesia juga sempat mengguncang dunia musik rock dunia ini. The Tiellman Brothers dan sederet nama-nama band Indo Rock lainnya lahir di era sebelum The Beatles yang dibidani oleh John Lennon.

Popularitas The Beatles sanggup menembus segmentasi segala laipisan masyarakat dunia dan menjadi ‘trend setter’ yang menginspirasi para musisi muda di zamannya. Hingga dengan cepat bermunculan, lahirlah grup-grup musik dalam genre yang sama seperti; The Rolling Stones, The Who, The Doors, dll.

Pada dekade yang sama tak pelak secara simultan bermunculan generasi musik rock berikutnya seperti; The Bee Gees, The Cats, The Hollies, The Marmalade, Crendence Clearwater Revival, dll. Pada saat berikutnya, bermunculan grup yang mengusung musik ingar-bingar seperti; Deep Purple, Led Zeppelin, Grand Funk Railroad, Uriah Heep, Rush, Genesis, dll.

Pada dekade 80’an muncul generasi berikut seperti; Van Halen, Whitesnakes, Fire House, Europe, Dokken… dan terlalu banyak bila disebut satu persatu. Guns N’ Roses, bahkan Dream Theater pun adalah sebuah realitas yang tidak bisa dipungkiri, bahwa The Beatles telah memberi pengaruh besar mengubah dan mewarnai gerak musik dunia dengan sangat dinamis.

Akhir kata, disampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menyusunan buku cergam musikal ini dari awal hingga akhir penyelesaiannya. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha penulisan cerita musikal bergambar ini, Amin YRA.

Yogyakarta, 10 Januari 2018
DN Koestolo, Ilustrator, Komikus, Gitaris Band Thoraq.

SKU: 36810
Berat0.30 kg
Dimensi14 x 21 cm
Desain Sampul

Harry Adhie

Format

Jilid Biasa

Penerbit

Indie Book Corner

Tahun Terbit

2018

Jumlah Halaman

64

Close