Dunia dalam Ganja – Abdul Kholiq

Ganja tak hanya tentang fantastika psikedelia atau hura-hura di skena. ia memiliki catatan perjalanan yang panjang dari kegunaan–juga penyalahgunaan. Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai sumber komoditi industri dan medis, sekaligus sumber imajinasi. Namun, dalam perkembangannya, pengetahuan tentang Ganja mengalami dekadensi. Efek yang memabukkan yang ditimbulkan ganja sering kali dianggap sebagai potensi masalah di masyarakat.

Sementara kontroversi tentang ganja tak kunjung usai, Bob Marley memilih “menghisapnya bersama Tuhan”. Bukan tanpa sebab ungkapan demikian muncul. Baginya ganja adalah tanaman yang mampu mendekatkan diri pada Tuhan. Membuatnya menjadi legenda musik reggae dengan pesan-pesan revolusioer menentang ketidakadilan dunia. Ungkapan penting lainnya menyertakan ganja sebagai obat penyembuh penyakit suatu bangsa.

Dunia dalam Ganja: Sebuah Kisah dari Aceh Hingga Bob Marley adalah suatu catatan mengenai pohon ganja yang kompleks, namun dituliskan secara personal. Pertemuan antara penulis dengan ganja menjadi titik penting yang dikisahkan tanpa menggurui. Meski demikian, catatannya tak kehilangan nas untuk menyingkap relasi ganja dengan tema yang lebih luas.

SKU: 36159
Berat0.3 kg
Format

Jilid Biasa

Penerbit

Penerbit Jalan Baru

Tahun Terbit

2017

ISBN

9789799901095

Jumlah Halaman

xii+263

Close