Darmagandhul

Oleh:

Buku yang bisa dijadikan koleksi khusus ini berisi dua versi Serat Darmagandhul yang kontroversial: versi tembang (puisi) yang pernah diterbitkan oleh Redaksi Almanak H. Bunning, Yogyakarta pada tahun 1920 dan bertuliskan huruf Jawa, dan versi gancaran (prosa) yang pernah diterbitkan oleh TB. Sadu Budi, Surakarta, pada tahun 1959, bertuliskan huruf latin.

Naskah dalam bentuk tembang tidak banyak beredar di masyarakat. Namun naskah dalam bentuk gancaranlah yang beredar luas dan dikenal di mana-mana. Naskah terbitan TB. Sadu Budi tersebut pernah dilarang pada era 50-an, tidak lama setelah beredar di tengah masyarakat. Pada tahun 1980-an, naskah ini beredar lagi. Badan Koordinasi Pengawas Kepercayaan Masyarakat (BAKORPAKEM) segera mengadakan razia dari rumah ke rumah. Hingga akhirnya, menjelang tahun 1998, naskah Serat Darmagandhul bisa dikenal dan beredar luas lagi.

Versi tembang (puisi) yang bertuliskan huruf Jawa sangat susah ditemukan. Paling banter yang bisa ditemukan adalah versi gancaran (prosa). Kini Penerbit Dolphin mengemas dua versi Serat Darmagandhul tersebut dalam satu buku dan sudah disertai terjemahan dan ulasannya berjudul Darmagandhul (Kisah Kehancuran Jawa dan Ajaran-Ajaran Rahasia).

SKU: 978-979-16110-6-0
Format

Jilid Biasa

Penerbit

Dolphin

Penerjemah

Damar Shashangka

Desain Sampul

Yudi Irawan

Penyunting

Salahuddien Gz

Tahun Terbit

2001

Penyelaras Aksara

Muhammad Bagus SM

Close