Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September & Kudeta Suharto

Oleh:

Buku ini pertama kali terbit pada 2008, dan menjadi perhatian publik. Sempat dilarang beredar oleh pemerintah. Namun, ibarat sebuah permata, yang dicari oleh pembaca, adalah buku-buku yang dilarang karena isinya yang memang layak untuk hadir di hadapan sidang pembaca.
Apa yang dituliskan oleh John Rossa adalah sebuah pendedahan kembali, mengenai titik balik pergantian rezim dan pembantaian ribuan rakyat yang tak bersalah. Tak peduli ia termasuk golongan “merah” atau tidak.
Untuk memahami titik balik pergantian rezim, dan pembantaian yang dilakukan oleh militer, buku ini adalah buku yang harus dibaca. Pemaparan, serta analisis yang dilakukan John Rossa sangat menarik, dibandingkan skenario yang dibuat oleh orde baru mengenai salah satu babak paling penting dalam sejarah Indonesia modern, yakni perstiwa G30S.
Banyak sekali orang-orang yang belum mengerti mengenai asal-usul pembantaian para komunis pada 1965. Dogma bahwa PKI terlarang, sehingga orang-orang enggan untuk mengetahui perspektif baru, dan terlanjur termakan dogma yang diajarkan pada bangku-bangku sekolah.
Beban sejarah seperti ini, sedikit demi sedikit harus dikikis. Penerbitan buku-buku yang baik, akan membantu mengikis hal itu, walaupun banyak sekali yang membantah akan penelitian yang melewati metode ilmu sejarah.
Oleh karenanya, kami, selaku penerbit Kendi, menghadirkan kembali buku Dalih Pembunuhan Massal di hadapan pembaca. Setelah tidak naik cetak lagi dalam waktu kurang lebih sembilan tahun, mudah-mudahan buku ini bisa menjadi buku yang diterima kembali para pembaca dengan tangan terbuka.

SKU: 31897
Penerbit

Kendi

Tahun Terbit

2017

Jumlah Halaman

xxv + 423

Close