Beranda » Toko Buku Online

Showing 1–30 of 407 results

Show sidebar

Macondo, Para Raksasa, dan Lain-Lain Hal

Rp 79.000 Rp 65.000

Masa lalu tak pernah mati di Amerika Latin, dan tegangan sejarah itulah —antara masa lalu yang bergelimang penindasan dan masa depan yang dirundung kemiskinan—yang memberikan penulis Amerika Latin daya hidup.

* * *

Ronny Agustinus, seorang penerjemah spesialis Amerika Latin, yang juga sangat dikenal sebagai salah satu pendiri penerbit Marjin Kiri, menyebut tulisan-tulisan di buku ini sebagai ‘tidak berpretensi serius’ dan ‘acak’. Yang akan Anda dapatkan niscaya adalah tulisan-tulisan ringan yang berbobot dan esai-esai cair dengan perspektif luas. Lebih dari itu semua, buku ini adalah satu dari sedikit karya orang Indonesia tentang Amerika Latin dari sumber-sumber pertama, oleh seseorang yang menghabiskan sebagian besar hidupnya mencintai sastra Amerika Latin dan membagi cintanya untuk kita semua.

Tokoh-tokoh yang Melawan Kita dalam Satu cerita

Rp 65.000

Tokoh-Tokoh yang melawan Kita Pada Satu cerita berisi sejumlah percobaan dalam tema dan teknik oleh Aan Mansyur. Ia membagi buku ini menjadi 5 bagian. Pada bagian awal ia melakukan alih wahana dari sejumlah karya foto Jamie Baldridge. Jumlahnya juga cukup banyak, sekitar 23 karya dan puisi. Pada Fragmen kedua Aan mencoba bermain dengan bentuk puisi dengan menyebutnya dengan Sejumlah Teka-Teki dengan sejumlah objek yang menarik. Dalam kumpulan ini sejumlah percobaan dan gaya Aan Mansyur dalam menulis puisi nyaris hadir sepenuhnya. Penandanya adalah subjudul sebagai pemberi jeda antar pola yang satu dengan yang lain tetap saling memiliki benang merah.

Sebelum Sendiri

Rp 55.000

Dalam buku ini suansa sepi dan sendiri terasa demikian kental. Menjadi semacam refleksi tentang segala hal yang pada akhirnya mengembalikan semua kepada pertanyaan yang tak perlu jawaban. Ia keresahan personal yang menjadi keresahan bersama, kegamangan dan pikiran yang dirasakan oleh semua orang. Sebelum Sendiri menjadi sebuah gagasan atau pertanyaan sekaligus pertanyaan tentang banyak hal. Nampak sederhana, tapi ia adalah keruwetan dan keresahan tentang banyak hal yang disusun sedemikian rapi.

Aku Hendak Pindah Rumah

Rp 55.000

Ada tema besar sangat dominan dalam buku Aku Hendak Pindah Rumah. Dua hal yang masih menjadi perhatian Aan dan barangkali pada periode tertentu menjadi demikian intens. Hal pertama adalah perhatian dan kepedulian besar penyair terhadap perempuan dalam kerangka yang lebih luas. Aan mentamsilkannya menjadi Ibu. Dalam puisi ini Ibu hadir tidak semata sebagai ibu yang personal tetapi juga ibu universal. Kegelisahan Aan yang lain terkait identitas, dan hal-hal yang berubah.

Aan Mansyur bicara masalah sosial dengan cara yang sederhana. Desa dan kota, dan hal-hal yang ada di dalamnya sejak awal menjadi kegelisahan yang tak pernah berhenti ia pikirkan. Di kumpulan puisi ini Aan sudah menulis kecemasannya terhadap kota dan hal-hal yang ada di dalamnya jauh sebelum ia menulis Sebelum Api Bekerja. Dan kegelisahan serta pencariannya terus-menerus terhadap kata, dan pertanyaannya terkait hal-hal yang filosofis.

Kelab dalam Swalayan

Rp 79.500 Rp 71.550

BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI

Biar kuberitahu beberapa hal mengenai penari telanjang yang tidak sengaja kutemui usai menghadiri bridal shower yang diatur teman-temanku. Pertama, rambutnya merah sebahu.
Kedua, dia menawarkan segala hal yang tidak berani kudambakan: hasrat-hasrat, kenekatan, sampai spontanitas. Terakhir, dia mengetahui semua rahasia yang tidak kubeberkan pada siapa pun. Mulai dari perasaan yang kuragukan terhadap calon suamiku, sampai teman di sekolah dasar yang kusekap dalam lemari hingga tewas. Ketika berusaha menguak identitasnya, aku sekaligus mengungkap sebuah rahasia gelap yang selama ini membungkusku rapat-rapat.

Yesus Anak Manusia

Rp 79.000

[BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI]

Dia dipuji sekaligus dicaci, dicintai sekaligus dibenci. Dialah Yesus sang Anak Manusia. Melalui buku ini, Kahlil Gibran mengajak kita melihat sosok Yesus dari berbagai sudut pandang, melalui kesaksian orang-orang yang pernah bersinggungan dengannya—baik kawan maupun lawan, kerabat maupun orang asing.

Gaya bercerita Gibran yang unik mampu menciptakan sebuah pengalaman membaca yang kaya dan menyeluruh. Keunikan tersebut pun diterjemahkan dengan magis oleh Sapardi Djoko Damono, salah seorang penyair besar Indonesia, sehingga kita dapat ikut terhanyut dan terpukau ketika menyusuri kisah Yesus yang luar biasa.

Liris, romantis, serta mendalam. Karya-karya Gibran tak hanya terus dibaca hingga saat ini, tapi juga telah memicu Era Kebangkitan sastra Arab modern. Inilah karya yang memantapkan posisi Kahlil Gibran sebagai salah seorang tokoh penting di ranah sastra dunia.

Sumur

Rp 50.000

[BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI]

Satu per satu orang meninggalkan kampung itu. Jika tak pindah ke tempat lain dan menetap di sana, mereka pergi ke kota mencari pekerjaan. Bagi yang tersisa, mereka harus bertahan dalam pertarungan untuk memperoleh air, dari hari ke hari.

Kini satu-satunya sumber air yang bisa mereka andalkan hanyalah sebuah sumur di lembah. Sumur itu merupakan lubang satu-satunya yang mengeluarkan air. Tak ada yang mengira, sumur itu pula yang akan menjadi saksi bisu sebuah kisah cinta dan tragedi yang mengiringinya.

***

Sumur adalah cerita pendek karya Eka Kurniawan, nomine Man Booker International Prize 2016 dan peraih Prince Claus Laureate 2018. Cerita pendek ini pertama kali terbit dalam bahasa Inggris di antologi Tales of Two Planets dengan judul “The Well”, diterbitkan oleh Penguin Books pada 2020.

Linda dan Para Pemilik Mimpi

Rp 87.000

Mengapa sih orang dewasa kesulitan memahami anak-anak?

Linda yang berusia sebelas tahun gemas. Padahal sebelum dewasa, semua manusia kan pernah menjadi anak-anak. Termasuk mamanya yang berprofesi sebagai psikolog. Linda punya lusinan pertanyaan tak terjawab di kepalanya.

Hingga suatu malam, seorang anak lelaki mengetuk jendela kamarnya. Bersama dengan sepedanya yang bisa terbang, anak itu membawa Linda berpetualang. Ke bintang! Tempat mimpi anak-anak yang kini sudah dewasa berada.

Ngobrolin Komik

Rp 250.000

BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI

Ngobrolin Komik merupakan buku terbaru dari Seno Gumira Ajidarma. Buku ini membicarakan banyak hal tentang komik, mulai dari stigma komik hingga masalah kebudayaan. Mulai dari awal kemunculannya hingga periode keemasannya.

Komik-komik yang diperbincangkan dalam buku ini pun tak melulu hanya komik dalam negeri, namun juga komik-komik luar negeri. Mulai dari komik-komik gubahan R.A. Kosasih hingga komik luar, seperti Donal Bebek hingga Tintin.

Walau komik sempat dilarang peredarannya pada dekade 1950—1960-an, namun ternyata hal tersebut tidak lantas memengaruhi pertumbuhan industri komik pada saat itu, dan malah memasuki era keemasannya di tahun 1970-an.

Bukan Perawan Maria

Rp 74.000

Baby ingin masuk Islam. Namun, mayoritas majelis menolak keinginannya. Bagaimana mungkin, mereka mengizinkan seekor babi mengucap kalimat suci syahadat?! Di tempat lain, ada iblis yang ingin pensiun. Pekerjaannya menggoda manusia sudah tak lagi menantang. Malah, banyak manusia sekarang jadi agen dosa yang mahir. Benar-benar membosankan! Sementara itu, bagaimana jika para malaikat malah ingin cuti? Toh sekarang ada teknologi canggih di dunia manusia. Mencatat amal dan dosa manusia kini semudah menjentikkan jari.

Melalui 19 cerita pendek yang tersaji dalam Bukan Perawan Maria, Feby Indirani mengajak kita menikmati permainan imajinasi yang tidak main-main. Liar dan menggelitik, inilah hasil refleksi seumur hidup Feby Indirani terhadap dinamika kita, manusia-manusia bumi, yang berupaya mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Bukan Perawan Maria adalah buku pertama dalam Trilogi Islamisme Magis. Sebagai kristalisasi atas pengalaman, renungan, kegelisahan, dan keharuan Feby Indirani sebagai seorang Muslim di Indonesia, buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Italia, Jepang, dan Jerman, dan menyentuh hati pembaca di banyak negara.*

Loss and Breakage

Rp 150.000 Rp 80.000

Joni Kimung dan Don Jarwo, dua pegawai The Internationale Hotel, menginisiasi Serikat Pekerja Muda Baru untuk menggantikan Serikat Pekerja Hotel Sejahtera yang mereka nilai tak lagi kapabel memperjuangkan hak-hak pegawai hotel dan restoran tempat mereka bekerja. Kemurkaan mereka terhadap SPHS ini juga dipicu lantaran tak ada kejelasan terkait uang loss and breakage yang mestinya menjadi hak mereka, juga keputusan sepihak dari manajemen untuk ‘menghabisi’ kontrak dari rekan sesama pekerja hotel.

Perjuangan yang dilakukan dua sekawan itu mesti berhadapan dengan pilihan-pilihan rumit yang tentu harus mereka pertanggungjawabkan. Kendati demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat juang mereka, malah apa yang coba mereka lakukan telah menginisiasi rekan-rekan sesama pekerja untuk melakukan perjuangan yang sama.

Panjang umur perlawanan!
Buruh hotel sedunia, bersatulah!

Yellow Ginkgo Leaves

Rp 80.000

BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI

It’s sort of funny when you realize it. How there seems to be a pattern that all objects, be it living or dead, follows. It might not be noticeable to most, but it’s woven into our veins. Our blood is from stardust. Our eyes hold entire galaxies. Our minds have the capacity to absorb information without end. And how there seems to be one true rule that we all abide by.

What was once alive will die. What was gone will be replaced.

Dua Mangkuk Harira

Rp 65.000

Jemaa el-Fna sudah larut kala itu
langit Maroko pekat menghitam—menggulung
seluruh terik mentari
dua bocah penjual mawar mengusik kita di bibir kota
sementara dua mangkuk harira dikepung asapnya
yang mengepul
dan perjalanan menuju gurun yang dingin
menjadi percakapan paling gigil
yang meremukkan penantian
“Carilah Tuhanmu dan kembali padaku.”
tapi waktu justru mematikan kita

Jalan Pencerahan

Rp 50.000

Fokus Ibn Arabi dalam risalah Hilyah al-Abdal ini mendedahkan prasyarat dan kualitas yang tampak pada diri seseorang untuk mencapai kekosongan, sehingga hanya Tuhan yang menampak dalam dirinya. Seseorang dikatakan abdal karena mampu mengada dalam beberapa ruang dan waktu sekaligus, meniggalkan ‘pengganti’ (badal) di kediaman mereka yang berinteraksi dengan orang lain, tanpa orang-orang itu tahu bahwa sosok yang beradadi depannya bukanlah sosok sebenarnya.

Apa yang membuat risalah ini berharga tidak lain karena kajiannya yang luas dan latihannya yang bias dikerjakan oleh siapa saja. Risalah ini ditulis hanya dalam beberapa halaman saja, tetapi perlu waktu seumur hidup untuk merenungkan dan mengamalkannya.

Sejak Kau Pergi Segala yang Mulia jadi Hina

Rp 50.000

Al-Mutanabbi adalah seorang penyair Islam klasik yang sangat penting. Dia kerap dikutip dan juga jadi rujukan dalam pembicaraan tentang puisi dan peradaban islam. Namun demikian, sependek penelusuran kami belum ada satu pun buku utuh yang terbit tentang sajak-sajaknya dalam bahasa kita. Maka, buku ini hadir untuk mengisi kekosongan itu. Diterjemahkan langsung dari bahasa Arab, ditampilkan dalam bahasa Indonesia yang jernih, inilah persembahan kecil kami untuk para pembaca yang budiman.

Tentang Cinta

Rp 50.000

Kita mengenalnya dengan nama Ibn Sina, atau Avicenna; dan kita membanggakannya sebagai salah satu ilmuwan yang paling berpengaruh dan bukunya—Al-Syifa’ dan Al-Qanun fī al-Ṭib—betul-betul menjadi kanon sepanjang abad dalam bidang kedokteran. Namun, bisa jadi, kita tak pernah membaca satu pun karyanya. Selain karena akses untuk kitab-kitabnya yang berbahasa Arab, kita pun kesulitan karena model tulisan Ibn Sina yang terlalu tebal, penuh dengan premis-premis, yang seakan-akan menutup tirai bagi setiap orang untuk mencecap buncahan keilmuannya.

Dalam terjemahan ini, salah satu naskah pendek karya Ibn Sina, dengan bahasan yang cukup kita ketahui bersama, tentang cinta, yang sejatinya juga menyinggung aspek filsafat sebagai bangunan dari seluruh pengetahuannya, kita bisa melihat mengapa Ibn Sina bisa menjadi kanon. Diterjemahkan langsung dari bahasa Arab, disertai dengan autobiografi Ibn Sīna dan sebuah esai pendamping yang cukup panjang dan mencerahkan dari penerjemah, semoga bisa membuka cakrawala kita terhadap beliau, membacanya, dan memiliki alasan untuk membanggakan namanya. Selamat memasuki dunia yang penuh cinta, penuh pengetahuan.

Ayyuhal Walad

Rp 50.000

Abu Ḥamid Muḥammad ibn Muḥammad ibn Muḥammad ibn Aḥmad al-Gazali dilahirkan pada tahun 450 H./1058 M. di Kota Ṭus, Khurasan. Ayahnya seorang lelaki miskin, bekerja sebagai penenun kain wol dan menjualnya ke toko-toko di pasar. Sebutan “al-Gazzal” (dengan dua ‘z’) dinisbatkan kepada pekerjaan ayahnya. Pendapat lain menisbatkannya ke Gazalah, sebuah desa di Ṭus. Itulah kenapa dia dijuluki al-Gazali (dengan satu ‘z’). Julukan ini lebih masyhur.

Al-Gazali digelari Ḥujjah al-Islam (Hujjah Islam), Zain al-Din (Perhiasan agama), ‘Alim al-‘Ulama` (Pemimpin para ulama), dan Wariṡ al-Anbiya` (Ahli waris para nabi). Dia seorang filsuf sekaligus ahli tasawuf dari Khurāsan.

Al-Gazali hidup pada zaman yang penuh gejolak, zaman kuat dan kerasnya perselisihan antara politik dan pemikiran, pada paruh akhir abad ke-5 Hijriah (abad ke-11 Masehi), periode ketiga Daulah Abbasiyyah.

Potret Keluarga

Rp 67.000

Cerpen-cerpen dalam buku ini menceritakan kompleksitas kehidupan dalam keluarga dengan sederhana namun memikat. Ditulis dengan bahasa yang lugas dan pada beberapa bagian terkesan “jahil”, kita akan diajak menjajaki suasana, kekalutan, dan perasaan para tokohnya seakan itu terjadi pada tetangga, teman, saudara, orang tua, atau bahkan diri kita sendiri.

Jakatronya Gue

Rp 70.000

BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI

Lahir dan besar di Jakarta, gue, Nuria Soeharto, melipir ke Bekasi bareng keluarga selepas SMA. Abis itu, kos di Depok buat sekolah S1. Setelah lulus, kerja di periklanan bareng Agus Makkie. Terus, setelah freelancing di bisnis ini selama hampir 10 tahun, gue nerusin sekolah S2 dan S3 di Paris, Prancis, lanjut nikah (dan pecah-kongsi) dengan bule Swedia, pindah hidup dari Prancis ke Swedia, lanjut Kosovo, nyambung Palestina. Dua belas tahun di Eropa, gue balik ke Jakarta, eh, Bekasi, demi ibu tercinta yang sekarang demensia.

Buku ini kumpulan cerita harian gedabrukan gue, temenan lagi sama keseharian Jakarta, eh Bekasi. Yah, kehidupan Jakarta coret, ‘dah, yang menurut teman gue si Agus Makkie itu, saking ‘seru’-nya jadi nyebutnya kudu: Jakatrooooo…!

Pada Sebuah Radio Dangdut

Rp 65.000

Selamat datang di Gendang FM, kali ini radio disajikan sepenuhnya ke dalam teks. Dan jangan lupa, sebagai kumpulan cerita, Asef menempatkan kejutan di bagian terakhirnya. Mungkin itu anda, seorang pendengar radio dengan kisah yang tak kalah peliknya.

Sebab setiap masalah ada dangdutnya, dangdutin aja masalahnya…

Desita: Kisah Perjuangan Seorang Ibu dengan Gangguan Jiwa

Rp 80.000

Desita mendapat diagnosa Skizofrenia dan Gangguan Skizoafektif yang bisa pula berkembang menjadi Skizofrenia jenis Paranoid. Ini gangguan jiwa berat dan kronik, belum lagi kondisi Desita yang sedang hamil.

Bagi Anda yang ingin tahu seluk beluk penyandang gangguan jiwa yang aneh dan misterius, inilah novel unik yang tepat.

(Dr. Inu Wicaksana, Sp.KJ. Lulusan FK UGM, pernah bekerja 30 tahun di RSJ Magelang dan staf dosen luar biasa Bagian Psikiatri FK UGM & Penulis buku “Mereka Bilang Aku Sakit Jiwa” dan “Misteri Jiwa dan Perilaku”)

***

Ini novel ringan tentang ODGJ, tetapi punya gambaran cukup lengkap tentang isi-isi pikiran dan perasaan si penderitanya juga para caregiver-nya. Saya kira, novel ini bisa membantu pembaca yang tertarik dengan isu-isu kesehatan jiwa, lebih memahami keadaan mental para ODGJ terutama yang mengalami Skizoafektif tipe Depresi. Juga membantu memahami bagaimana keadaan para caregiver yang mencoba berdamai dan tetap tabah saat menghadapi perilaku-perilaku ODGJ yang mulai tak masuk akal.

(Adis Yuniasih, S.Psi. Psikolog – Psikolog Klinis)

***

Cerdas! Christina Yoga mengambil latar cerita di rumah sakit jiwa dengan tokoh sentral pun seorang penyandang Skizoafektif di sana.

Konflik cerita yang pasti akan berbuah, berakar, dan bercabang-cabang menghasilkan kisah yang bikin pembaca terus menahan napas. Kalau haus cerita fiksi rasa biografi, baca deh novel ini.

(Anang YB – Mentor & Founder Akademi Penulis Buku)

Asmara Sang Kelana

Rp 85.000

Nyanyi lagu itu adalah senandung yang melagu dari kalbu seorang gadis yang suci nan murni mengagungkan cinta. Karenanya mengunggah kalbu sang pangeran dan menerbitkan benih cinta. Akan tetapi seperti apakah cinta itu dirasa, dipertahankan dan hendak dijadikan satu-satunya cara untuk menemukan bahagia?

“Betapa tak dapat kupersembahkan kesetiaan itu. Bukankah satu-satunya yang paling berharga yang kumili dan menjadi nilaiku sebagai kekasih adalah kesetiaan?”

Sembah Sayang

Rp 65.000

Penjual buku dijarah, ditamui puluhan aparat
Pula penjual miras, aparat menamuinya dan
menjarahnya

Lalu pedagang harus berdagang apa?
Hanya karena soal Aidit

Aparat ketakutan?

“Takut kok sama PKI, takut sama KPI!”

Jejak Hutan Grinz

Rp 85.000

DIKIRIM 31 MARET 2021

Buku ini menceritakan tentang perjalanan tiga orang sahabat memasuki hutan misterius untuk mencari seorang laki-laki yang menghilang sejak tahun 1947.

Buku ini ditulis oleh Satria Addeva, atau biasa dipanggil Deva, yang masih berusia sebelas tahun. Meskipun buku ini merupakan prosa pertama Deva, tapi sebelumnya Deva juga sudah menulis buku aktifitas yang awalnya ditujukan untuk membantu adik perempuannya, Kanisha, belajar.

I Love You but I Lied

Rp 85.500 Rp 70.000

Not everyone deserve
your forgiveness

Sometimes you just
have to forget that
they ever existed

And walk away

Aku Ingin Menjadi Seekor Rubah

Rp 70.000

BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI

Pada malam musim semi sunyi berbisik, bicarakan tentang harap, terkadang dia gundah dan takutnya mencekam. Aku terdiam sembari menatap mereka dengan sedikit perasaan yakin dan penuh keraguan, setengah dariku, setengah dari mereka, ternyata tidak mengenal, tidak mengerti, pada hakikat sesungguhnya.

Lintasan Waktu Lelaki Pemalu

Rp 58.000

Beberapa hari belakangan ini ku melihatmu dari
kejauhan, tak berani ku menemui dirimu dalam
keindahan yang dekat, hanya lewat surat ini ku dapat
rasakan dekat indahmu.

Memang ini awal yang terlalu cepat untuk
memasukkan dirimu ke dalam ruang hidupku, ketika
kau baru saja menginjakan kakimu di tempat ini.

Tapi maafkan aku yang hanya ingin berkenalan
dengan dirimu, dengan sederhana, lewat untaian kata,
pada secarik kertas, yang akan selalu ku kirim diam-
diam ke atas meja mu.

Salam,
Lelaki Pemalu

Amuk Angan

Rp 40.000

Puisi-puisi dalam buku ini, yang ditulis dalam rentang tahun 2016 hingga awal 2021, adalah sebagai cara untuk mengungkapkan angan penulis yang mengamuk terhadap segala sesuatu, mulai dari yang umum seperti cinta dan permasalahan seksualitas hingga yang lebih serius seperti semangat hidup dan pergulatan religiositas yang saya alami pada usia yang—ketika sedang menyusun buku ini—mendekati 25 tahun.

Lindungi Dirimu dengan APD (Anti Penyakit Degeneratif)

Rp 59.000

BUKU DIKIRIM SETELAH PRAPESAN SELESAI

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak akses untuk membuka ilmu secara luas. Banyak yang berspekulasi tentang suatu penyakit dengan hanya mencari kesinambungan gejala yang dirasakan dari berbagai sumber yang beredar. Saat mencapai tahap lanjut usia, semakin banyak gejala yang bermunculan, dan semakin sulit mencari kesinambungan dari berbagai gejala tersebut. Lalu, apakah yang terjadi pada saaat fase lansia? Bagaimana gejala-gejala tersebut dapat timbul? Apakah yang dimaksud dengan penyakit menua?

Akhir-akhir ini banyak yang sudah mengetahui tentang berbagai penyakit degeneratif. Seperti misalnya hipertensi, kolesterol, asam urat, dan diabetes. Namun, apakah pendapat yang sering beredar di kalangan masyarakat itu merupakan fakta atau mitos? Apakah penyebab penyakit-penyakit degeneratif itu? Siapa saja yang harus diawasi? Bagaimana cara mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tersebut?

Buku ini menjawab pertanyaan tersebut. Di dalam buku ini dijelaskan secara rinci mengenai kesehatan lansia dan penyakit degeneratif. Buku ini tidak hanya ditujukan bagi tenaga kesehatan atau mahasiswa jurusan Kesehatan, tetapi juga dapat dibaca oleh masyarakat awam dengan penyakit yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Ocehan Kutang

Rp 59.000

Kutang adalah simbol pengekangan bagiku. Kutang menjadi bentuk pengekangan terhadap perempuan karena memakai kutang saat keluar rumah menjadi “keharusan” demi tidak mengganggu syahwat orang. Padahal, ketika aku memakai kutang, apalagi yang terlalu kencang, payudaraku merasa terkurung, dadaku merasa sesak, punggungku pun merasa pegal dan kaku.

Di waktu lainnya, kutang bisa bermakna kebebasan. Aku yang memakai kutang merasa lebih bebas untuk bergerak. Aku bisa lari­larian, lompat ke sana kemari, jumpalitan seharian tanpa takut kesakitan akibat payudara terbanting. Aku juga bisa berlenggang kangkung di tempat umum tanpa takut dipandang sinis dan diomongi orang hanya karena putingku menyembul di balik atasan.

Kutang akhirnya menjadi sebuah ironi karena pemakainya harus mengorbankan diri untuk dikekang demi mendapatkan kebebasannya. Namun memang, dalam hidup, kekangan dan kebebasan seakan terus bergumul tak kunjung henti.

Pergumulan itulah yang melahirkan Ocehan Kutang. Ocehan yang menjadi sajak­-sajak yang di dalamnya menyiratkan isi kepala seseorang yang merasa bebas sekaligus terkekang, baik oleh dirinya sendiri maupun keadaan di luar dirinya.