Beranda » Toko Buku Online

Tampilkan 14 hasil

Show sidebar
-5%
Close

Identitas Hibrid Orang Cina

Rp 50.000 Rp 47.500

Buku ini mengajak kita untuk menginterogasi cara kita memahami apa yang kita sebut identitas. Tanpa interogasi-diri, kita mungkin mudah menjadi konsumen retorika-retorika baru yang sarat pesona, misalnya multikulturalisme, tapi isi kepala kita tentang mereka yang kita anggap si-Liyan (the Other), mungkin tak pernah berubah. Budiawan, Sejarawan Staff Pengajar pada FIB UGM).

Buku ini mengisi kekosongan yang sangat penting dalam kajian mengenai komunitas Cina. Dengan memanfaatkan konsep hibriditas identitas yang kerap diacu para penggiat cultural studies, penulis berhasil menangkap heterogenitas dan saling sengkarut identitas komunitas Cina peranakan Kristen. (Trisno S. Sutanto, Koordinator Penelitian Biro Litkom-PGI, Jakarta.)

Penulis menunjukkan adanya identitas hibrid (multiple identities): seseorang bisa menjadi orang Tionghoa, sekaligus orang Indonesia, serta di saat yang sama ia juga seorang Kristen. Seperti halnya kelompok lain, identitas orang Tionghoa adalah cair, dinamis dan heterogen. (Didi Kwartanada, Sejarawan Yayasan Nabil (Jakarta)

Buku ini akan menjadi pandu bagi semua orang Cina di Indonesia dan, terutama, bagi Indonesia untuk bersiap menyambutnya. Lalu semua suku dan semua agama di negeri ini berdiri dengan tangan kanan yang terkepal di dada sembari berkata lantang: Indonesialah poros bagi segala yang ada. (Muna Panggabean, Novelis).

Dengan bahasa yang jelas dan agumentasi cerdas serta menantang, buku ini menegaskan bahwa identitas merupakan routes, bukan root. Darwin mengajak kita melihat proses identifikasi diri menjadi sekaligus Cina Indonesia Kristen. (Albertus Patty, Pendeta GKI, aktivis Pluralisme).

-10%Hot
Close

Perahu Mabuk: Sepilihan Sajak Cinta

(1 ulasan pelanggan)
Rp 50.000 Rp 45.000
-9%Hot
Close

Sepak Bola Seribu Tafsir

(1 ulasan pelanggan)
Rp 55.000 Rp 50.000
-9%Sold out
Close

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Rp 58.000 Rp 53.000

Di puncak rezim yang penuh kekerasan, kisah ini bermula dari satu peristiwa: dua orang polisi memerkosa seorang perempuan gila, dan dua bocah melihatnya melalui lubang di jendela. Dan seekor burung memutuskan untuk tidur panjang. Di tengah kehidupan yang keras dan brutal, si burung tidur merupakan alegori tentang kehidupan yang tenang dan damai, meskipun semua orang berusaha membangunkannya.

-10%Sold out
Close

Pengantar Pemikiran Tokoh-tokoh Antropologi Marxis

Rp 50.000 Rp 45.000

“Marx, yang kepadanya kita berutang pembedaan antara infrastruktur dan suprastruktur, memusatkan perhatiannya terutama pada yang pertama dan paling-paling mengulas relasi antar keduanya hanya secara garis besar saja. Kepada teori suprastruktur inilah saya coba memberikan sumbangsih.” — Claude Lévi-Strauss

Sold out
Close

Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Rp 60.000

“Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja” (Dilan 1990)

“Milea, jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, nanti, besoknya, orang itu akan hilang.” (Dilan 1990)

“Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli.” (Milea 1990)

-10%Sold outHot
Close
-10%Sold out
Close

Thesis–Tan Malaka

Rp 50.000 Rp 45.000

Melalui “Thesis”, Tan Malaka membatalkan Putusan Prambanan, sebuah rencana pemberontakan PKI pada 1926. Di masa itu Tan adalah Ketua Komintern (Komunis Internasional) untuk Wilayah Asia Timur. Menurutnya, kondisi obyektif dan subyektif PKI belum memenuhi syarat untuk suatu aksi revolusi. Tapi, Alimin tidak menyerahkan keputusan pembatalan oleh Tan itu kepada Sardjono, Musso, dan kawan-kawannya di Singapura.

-14%Sold out
Close

Hikayat Kadiroen-Semaoen

Rp 55.000 Rp 47.500

Jalan hidup Kadiroen, pejabat lokal di pemerintahan Hindia Belanda, berubah setelah dia mendengar pidato Tjitro, seorang tokoh Partai Komunis. Tjitro bicara tentang kapitalisme, perlunya berserikat, serta komunisme.

Idealisme Kadiroen sejalan dengan konsep Partai Komunis. Dia pun bersimpati dan mendukung partai itu secara diam-diam. Dia melepas kariernya di pemerintahan kolonial dan menjadi penulis pada Sinar Ra’jat, harian Partai Komunis, bahkan pernah terkena pasal delik pers (persdelict).

Novel yang ditulis Semaoen ketika dirinya di penjara pada 1919 ini menunjukkan sosok Kadiroen sebagai borjuis yang menjadi pahlawan karena berupaya memakmurkan kaum tertindas. Selain itu novel ini juga menyelipkan cerita cinta Kadiroen dan Ardinah, istri seorang lurah yang terkena kawin paksa. Romansa mereka menjadi penutup seluruh kisah.

-12%Sold out
Close

Yogyakarta Sister City

Rp 60.000 Rp 53.000

Dalam masyarakat internasional dewasa ini, perjanjian internasional memainkan peranan yang sangat penting dalam mengatur kehidupan dan pergaulan antarnegara. Dalam dunia yang ditandai saling ketergantungan dewasa ini, tidak ada satu negara yang tidak diatur oleh perjanjian dalam kehidupan internasionalnya.

Buku ini menjelaskan tentang kewenangan dan status pemerintah daerah dalam melakukan hubungan internasional dan dalam membuat perjanjian internasional. Seiring dengan berlangsungnya otonomi daerah, kini pemerintah daerah di Indonesia telah banyak menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di luar negeri yang kemudian dituangkan ke dalam perjanjian internasional. Buku ini khususnya berisi tentang perjanjian kota atau provinsi kembar (sister city/sister province) yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

-10%Sold out
Close

Saiman dan Cerita-Cerita Lainnya

Rp 50.000 Rp 45.000

KINI SEMUA ORANG BISA MENULIS, BEBAS MENULIS. Di buku harian, di media sosial, di media online, di tembok-tembok kota, di mana saja. Lebih bebas dari bertahun-tahun silam, meski tentu akan selalu ada batasan walau sedikit. Orang bisa menulis tentang dirinya, pengalamannya tentang apa saja, tentang orang lain, bercerita tentang segala sesuatu, atau mengarang. Menulis menurut banyak orang adalah sebuah kegiatan yang membebaskan. Saya yakin, penulis buku ini juga setuju. Itulah mengapa ia mengabadikan cerita-ceritanya dalam sebuah buku.

Ketika kumpulan cerpen ini saya baca, saya menemukan wajah asli kehidupan masyarakat daerah di Indonesia. Dengan persoalan yang masih seputar sosial dan ekonomi. Hubungan antartetangga dalam lingkungan kampung, bagaimana warga yang satu membicarakan warga yang lain entah karena jabatannya atau keburukannya. Istri yang punya anak dengan tetangga karena suami pergi jauh mencari nafkah, dan sebagainya. Potret kehidupan seperti inilah yang masih banyak terdapat di negara kita, yang ingin ditunjukkan penulis lewat cerita-ceritanya.

Saya rasa tak ada yang salah dengan menulis cerita- cerita yang apa adanya. Meskipun memang bikin miris hati. Tapi toh itulah faktanya, bahwa negara kita masih miskin moral, masih di bawah garis kemiskinan, masih kurang peka bahwa selalu ada realitas seperti ini di pinggir-pinggir kota dan di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Dengan membaca kumpulan cerita ini, diharapkan para pembaca dapat lebih peduli dengan realitas sosial yang ada di sekitar dan lebih bijaksana dalam menyikapi setiap persoalan hidup yang muncul. Pada akhirnya, saya ucapkan selamat membaca dan mempelajari setiap segi kehidupan manusia.

-10%Sold out
Close

Sakrama Samaya

Rp 50.000 Rp 45.000

Mengangkat tema cinta degan sudut pandang yang berbeda, jelas butuh lebih dari sekadar menggunakan perspektif unik. Sakrama Samaya, merupakan judul yang dipilih dari 16 cerpen untuk menggambarkan kegelisahan kedua penulis dalam memahami cinta secara spiritual, konseptual, maupun horisontal. Cinta seorang ibu kepada anaknya, kepada Tuhan, bahkan cinta dengan jenis kelamin yang tak berbeda. Beberapa kisah terasa anomali memang, tapi di sanalah kekuatan kumpulan cerpen (kumcer) yang sedang berada dalam genggaman Anda ini. Nikmati saja perbedaan itu dan—akhir kata—selamat membaca.

-10%Hot
Close