Beranda » Toko Buku Online

Showing 1–30 of 123 results

Show sidebar

Active filters

Dekat dan Nyaring
Close

Dekat dan Nyaring – Banana

Rp 50.000

Dekat dan Nyaring menceritakan satu hari dalam kehidupan penghuni Gang Patos, sebuah kampung berbatas sungai dengan legenda menggentarkan—semisal salah seorang penghuni lamanya adalah laki-laki bernama Beni Satria yang mencangkok kepalanya sendiri dengan roda gigi sehingga otaknya dapat berputar jauh lebih lancar ketimbang manusia biasa.

Gang Patos sudah ditinggalkan oleh hampir semua penghuninya. Mereka yang tersisa adalah Edi, pemilik warung yang menjual apa saja yang bisa menghasilkan uang, mulai daging ular asap sampai rajangan ganja palsu; Nisbi, janda seorang polisi, yang menyimpan cerita masa lalu yang selalu ia rahasiakan dari anak tunggalnya; Wak Eli, yang pada masa mudanya pernah menjadi figuran film Balada Cewek Jagoan dan menyaksikan Cok Simbara berkelahi, dan pada masa senjanya mesti mengasuh Aziz, anak semata wayangnya yang kecerdasan mentalnya tertinggal sepuluh tahun dari usia sebenarnya; Idris, penjual regulator tabung gas yang selalu menguarkan aroma lavender; Kina, istri Idris, yang memiliki alasan tersembunyi tinggal di sana, alasan yang hanya diketahui penghubungnya dengan dunia luar: seorang pengendara motor bermulut sengak bernama Dea Anugrah.

Close

Vipassana – Mojok

Rp 90.000

Amalia, seorang mahasiswi di Surabaya, menyimpan sakit hati atas perselingkuhan kekasihnya. Untuk menemukan ketenangan, ia mengikuti Cynthia, teman satu kosnya, melakukan meditasi di sebuah biara Buddha di Kota Batu. Namun, Proses meditasi ini rupanya bukan proses yang mudah. Amalia akhirnya belajar untuk lebih sabar menyelami dirinya sendiri. Juga belajar memaafkan dan menerima segala pengalaman buruknya sebagai perjalanan hidup untuk menemukan kedamaian.

Nunuk Y. Kusmiana menulis novel Lengking Burung Kasuari yang menyabet juara unggulan di lomba menulis novel Dewan Kesenian Jakarta 2016. Novel yang sama kemudian memenangkan kategori Karya Perdana dan Kedua di Kusala Sastra Khatulistiwa 2017.

Close

Sesisir Pisang di Surga – Mojok

Rp 78.000

Buku ini merangkum 25 esai jurnalisme naratif karya Oryza A. Wirawan dalam penugasannya sebagai wartawan. Temanya beragam. Sebagian besar tentang ragam persoalan di Jawa Timur yang menjadi wilayah liputan Oryza. Banyak narasi-narasi kecil yang kerap luput dari pengamatan kita sehari-hari. Dengan gaya penulisan yang memukau, dan didukung dengan data yang padat, tulisan-tulisan ini memberi perspektif yang berbeda kepada pembaca. Memperkaya sudut pandang kita dalam melihat satu persoalan paling remeh sekalipun.

Close

Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah (New Cover 2019) – Mojok

Rp 88.000

“Anda bisa membaca novel ini dari setiap bab bernomor ganjil sampai tuntas, baru kemudian membaca bab genap; atau membaca novel ini sebagaimana lazimnya, dari awal sampai akhir; atau tidak membacanya sama sekali. Dan itulah golongan orang-orang yang merugi.”

Tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ini sedang meniti jalan tanda. Dari bisikan alam yang lirih, hingga hentakan perasaan kepada sesama yang menderu liris. Dari senyum tipis nan ayu, hingga cinta lama yang membelenggu.

Sebuah usaha yang mengantarkan mereka berlutut di hadapan karunia Tuhan yang menyilaukan hati: welas asih.

Close

Sastrawan Salah Pergaulan – Mojok

Rp 42.000

Memasuki tahun ketiga kuliah, Unggun punya kecemasan yang akut. Sementara teman-teman lainnya punya ketakutan nanti kalau lulus kuliah mau kerja di mana, Unggun justru mengkhawatirkan eksistensinya di depan kawan-kawannya. Dia merasa tidak pernah dianggap benar-benar ada.

Close

Negeri Para Jenderal – Mojok

Rp 78.000

“Pada dasarnya para jenderal dalam sejarah ketentaraan Indonesia adalah manusia yang berpolitik juga. Banyak pembaca sejarah Indonesia mengetahui perseteruan antarjenderal, yang biasa disebut “Perang Jenderal” atau “Perang Bintang.” Istilah terakhir tentu merujuk adanya bintang di pundak para jenderal. Sebab perseteruan bisa disebabkan oleh banyak hal. Meski banyak orang mengatakan bahwa para jenderal berseteru karena beda ideologi, tetapi pada kenyataannya perseteruan para jenderal itu kerap pula disebabkan oleh masalah kepentingan.”

Terlahir sebagai cicit mantan serdadu KNIL, membuat Petrik Matanasi memiliki ketertarikan khusus pada sejarah kemiliteran. Bidang itu dipelajarinya dengan tekun sejak menjalani studi Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta. Petrik pandai mencari sudut pandang yang berbeda dan segar dalam menarasikan sejarah militer Indonesia. Buku ini memaparkan banyak informasi unik tentang para jenderal di Indonesia. Bahwa sebagai prajurit pun, mereka adalah manusia yang memiliki berbagai persoalan dalam hidupnya. Persoalan ini yang kerap kali tidak muncul atau sengaja tidak dimunculkan dalam narasi sejarah nasional tanah air yang gemar mengglorifikasi figure kepahlawanan sosok tertentu.

Close

Merekam Derap Sepatu Lars: Kumpulan Catatan Politik Militer di Indonesia – Mojok

Rp 78.000

Menjadi pengamat militer yang secara rutin menulis sejak tahun 1988, Aris Santoso patut diperhitungkan analisisnya dalam bidang pasukan militer, khususnya TNI AD. Lewat buku ini, Andaakan melihat barisan tentara dari dekat, mulai dari bagaimana sebuah figur penting lahir dan dicaridari militer, hingga bagaimana purnawirawan menjalani masa pensiun: dengan tenang atau gelisah?

Nama Soeharto mungkin menjadi salah satu sosok militer terbesar di Indonesia. Pertanyaannya, apakah tokoh-tokoh militer bakal selalu meniru penggal akhir kejayaan Soeharto? Bagaimana pulawajah politik militer hari-hari ini? Apakah karir militer AHY merupakan bekal yang cukup untuk mengikuti jejak SBY? Mengapa Luhut Panjahitan lebih sering dianggap sebagai presiden bayangan?

Dan, tentu saja, apakah benar semua kelompok militer bakal berjaya dalam panggung politik dengan segala privilegenya?

Close

Mereka yang Tak Berbahagia – Mojok

Rp 58.000

Hubungan antara manusia dan manusia lain yang baru saja kenal malah jadi kian memusingkan. Kepala mereka dijejali dengan prasangka-prasangka yang tak perlu dan gengsi mereka kelewat tinggi. Ketidakpastian adalah kata yang tepat buat menggambarkan interaksi di antara mereka.

“Kita cumadua orang payah yang sudah bosan dengan hidup.”

“Dua orang payah kombinasi yang sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Setidaknya mereka bisa saling melindungi.”

Tom menyadari ia dan Kal adalah orang-orang yang tak berbahagia. Namun tentu saja, tak ada yang namanya bahagia. Bukankah mereka tahu itu?

Close

Madgeo: Ensiklopedia Nabati-Hewani Seadanya dan Semampunya – Mojok

Rp 78.000

Boleh jadi dari begitu banyak hewan, unta adalah satu-satunya hewan yang pernah menjalankan ibadah tawaf. Namun, unta toh ternyata tidak pernah punya gelar haji. Satu-satunya hewan yang mendapat julukan haji pada kenyataannya bukanlah unta, melainkan burung emprit, lebih tepatnya emprit kaji. Tak jelas ia berangkat lewat kloter mana, yang jelas, ia burung haji.

***

Tak hanya populer secara “nasional”, pohon beringin juga populer secara supranatural. Bersama pohon sawo, asem, dan randu, ia sukses membentuk aliansi empat serangkai pohon markas dhemit yang disegani dan selalu bikin bergidik ngeri siapa pun yang melewatinya.

Close

Kurma di Ladang Salju – Mojok

Rp 78.000

Kota Harbin merupakan ibu kota Provinsi Heilongjiang, berada di sebelah timur laut China. Salah satu tempat paling indah di Asia Timur laut ini terkenal dengan sebutan “Kota Es”. Hal ini karena musim dinginnya yang panjang, dan menjadi destinasi wisata paling diburu oleh para pelancong dunia, khususnya di musim dingin. Di kota ini Ali Romdhoni melanjutkan studi doktoralnya di bidang Religious Studies di Universitas Heilongjiang Harbin, China. Di kota ini pula, Dhoni dihadapkan pada realitas kehidupan masyarakat China yang sungguh beragam dan kompleks.

Secara khusus, Dhoni menaruh perhatian kepada masyarakat beragama, terutama umat Muslim di China. Aktivitas di masjid, ramai pengunjung di restoran halal, suasana di bulan Ramadan, hingga kajian fikih untuk daerah dengan musim dingin yang ekstrem seperti Harbin, menjadi energi yang memicu lahirnya buku ini ke hadapan pembaca tanah air.

Close

Kitab Rasa (New Cover) – Mojok

Rp 48.000

Bagiku, bukan sekadar sajian yang enak dan istimewa. Bagiku, daya tarik utama sebuah warung makan justru terletak pada kisah-kisah di balik berdirinya warung makan tersebut. Rasa makanan saja tak cukup. Warung makan yang menarik adalah warung makan yang di dalamnya tersimpan kisah manusia yang bersambung menghadapi hidup ini.

Close

MOJOK : Tentang Bagaimana Media Kecil Lahir, Tumbuh, Dan Mencoba Bertahan

Rp 60.000

Awalnya lahir hanya untuk tujuan bersenang-senang, tanpa disangka Mojok.co cepat sekali membuat pembacanya jatuh cinta—dan patah hati karena sempat mau tutup selamanya.

Dari yang dikira media abal-abal, eh sekarang sudah jadi media (yang lumayan) profesional. Dari yang awalnya peringkat Alexa ribuan, sekarang sudah masuk peringkat 100-an.

Kok bisa sih mereka tumbuh dan berkembang begitu cepat? Apa iya mereka mengandalkan sihir dan pesugihan? Apa benar krunya punya ilmu kanuragan?

Buku ini akan menjawab semua pertanyaan kalian mengenai bagaimana asal muasal, dan dinamika yang membersamai situs bertajuk sedikit nakal, banyak akal ini hingga bisa tumbuh dan terus bertahan sampai seperti sekarang.

Di buku ini, kru Mojok dengan sengaja buka-bukaan mengenai pengalaman mereka membesarkan Mojok.co agar bisa dijadikan pelajaran (atau bahkan ketawaan) yang boleh direplikasi atau syukur-syukur sampai dimodifikasi.

Close

Islam Kita Ngga Ke Mana-mana Kok Disuruh Kembali – Mojok

Rp 70.000

Kita sebagai umat Islam itu harus kembali. Kembali ke Islam yang kaffah. Dan dengan jalan ini kita justru bisa menyatukan persepsi. Menunjukkan pada dunia luar bahwa Islam Indonesia itu kuat karena bersatu,” kata Mas Is.

“Kembali ke mana, Is, maksudmu?”

“Ya kembali ke Al-Quran dan As-Sunnah dong, Gus,” jawab Mas Is lagi.

“Lah, memang kita selama ini hidup harus selalu pakai itu. Kita nggak pernah dan nggak boleh ke mana-mana memang. Lah masa nggak ke mana-mana kok disuruh kembali. Rumahku itu ya Al-Quran dan As-Sunnah. Lah ngapain aku disuruh kembali kalau aku sudah di dalam rumah? Jangan-jangan justru yang mewanti-wanti itu yang sebenarnya belum kembali?”

Close

Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar! – Mojok

Rp 68.000

Setiap kali mendengar suara azan yang dilantunkan oleh suara sepuh terbata-bata, melihat bangunan madrasah Islam tradisional dengan keriaan anak-anak, atau sesederhana melihat papan nama masjid di perkampungan, saya sering merasa bahwa Islam telah cukup.

— Islam yang Cukup

Kalis Mardiasih merisaukan fenomena beragama yang di tangan sebagian kalangan begitu eksklusif dan menyeramkan. Baginya, beragama seharusnya menyenangkan, dipenuhi kebaikan. Tidak sesak oleh amarah atau hasrat penaklukan.

Kebaikan-kebaikan itu ia temukan dalam praktik keberagamaan yang sederhana. Ia berbicara dengan orang-orang bersahaja, menyaksikan cara mereka mengamalkan kesalehan, dan menemukan Islam yang teduh di sana. Dalam dirinya, Islam tumbuh bersama dengan kegembiraan.

Close

Born Outlaw: 33 Catatan Tentang Mafia, Kartel, Pembangkang dan Anarkis – Mojok

Rp 78.000

“Rovshan Janiyev masih berusia 17 tahun ketika suatu hari ia mendatangi sebuah ruang persidangan, lalu menembak mati para terdakwa yang telah membunuh ayahnya. Atas hal tersebut, Janiyev kemudian dijatuhi hukuman dua tahun penjara, tetapi dibebaskan lebih cepat karena keputusan pengadilan.”

Eddward S. Kennedy menaruh minat pada kisah-kisah pelanggara hukum di berbagai belahan dunia. Ia lalu menuliskan kembali kisah-kisah yang diserapnya dari berbagai media: buku, film, surat kabar dan berbagai media daring. Born Outlaw adalah 33 catatan tentang aksi mafia, kartel, pembangkang,dan anarkis di berbagai belahan dunia. Tidak hanya perihal kejahatan yang mereka lakukan, tetapi juga berbagai faktor yang menjadi pendorongnya.

Close

Banyak Jalan Menuju Takwa – Mojok

Rp 55.000

Bagaimana sebenarnya seorang pemeluk agama mendefinisikan ketakwaannya? Apa sekadar menjalani serangkaian ritus keagamaan, atau menambah sebanyak-banyaknya pengetahuan soal agama yang dipeluknya, atau justru dua-duanya?

Banyak Jalan Menuju Takwa adalah kumpulan tulisan Dinar Zul Akbar yang memuat tema beragam dengan contoh kasus yang relevan di Indonesia belakangan ini. Dinar menulis tentang laku teladan sahabat-sahabat nabi, fenomena pemakaian dalil-dalil dan laku beragama sehari-hari, sampai nasihat-nasihat pemuka agama yang sederhana tapi penting dan masih relevan diterapkan dalam hidup bermasyarakat hari ini.

Close

24 Jam Bersama Gaspar: Sebuah Cerita Detektif (New Cover 2019) – Mojok

Rp 68.000

Tiga lelaki, tiga perempuan, dan satu motor berencana merampok toko emas. Semua karena sebuah kotak hitam.

“Ringan dan menyenangkan. Ia menghadirkan individu-individu yang sepintas tampak sepele namun sesungguhnya kaya dan mengayakan: mengandung kesadaran, sekaligus kritik atas konvensi cerita detektif. Dialog tokoh-tokohnya tampak berbobot, mengena, dengan alusi yang mengarah ke semesta dunia.” (Dewan Juri Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016)

Close

Surat Cinta Untuk Tuhan – Diva Press

Rp 55.000

“Orang-orang yang telah mereguk ‘minuman-minuman rohani’ dalam kestabilan yang unik dan memesonakan dari dunia yang tersembunyi, pun menjadi master-master atas ‘momen sekarang’ (waqt) mereka, dan mereka pun mengungkapkan isyarat-isyarat kemanisan melalui kata-kata. Dalam pernyataan Ibnu Arabi, kata ialah ‘ungkapan yang dengannya Tuhan berkomunikasi denganmu.” – Haidar Bagir, cendekiawan muslim Indonesia

Memaknai setiap peristiwa yang kita alami merupakan suatu hal yang amat baik. Tuhan pun tidak kurang-kurang memerintahkan kita untuk berpikir, termasuk juga memikirkan atau merenungkan penciptaan alam semesta. Dan, apakah hal itu pernah kita lakukan?

Buku ini berisikan hikmah-hikmah dari setiap peristiwa yang boleh jadi kerap kita alami. Selain itu, buku ini juga memuat beberapa syair kerinduan dari para sufi agung, yang menjadikan kita semakin rindu pula kepada Tuhan.

Menariknya, buku ini juga disempurnakan dengan teknik muhasabah dengan belajar dari para sufi. Alhasil, membaca buku ini bukan hanya akan menambah wawasan kita, melainkan juga membantu kita semakin intim dengan Tuhan.

Close

Wayahe Ngopi Ngopeni Ati – Diva Press

Rp 65.000

Engkau jalan, engkau pun tujuan
Hati-hati, jangan sampai engkau kehilangan
jalan menuju dirimu sendiri.
? Syeh Suhrawardi al-Maqtul

Orang kadang lupa bahwa apa pun yang dilakukan dan ditawarkan sebagai klaim religius seharusnya diwujudkan dalam satu kesatuan: iman, Islam dan ihsan. Sayangnya, pada dimensi ihsan ini, kita kerap abai, sehingga kita tak mengenal apa makna sesungguhnya diri ini sebagai hamba dan manusia.

Usia demi usia gugur dari hidup kita. Apakah kita pernah mengajukan pertanyaan sederhana kepada diri sendiri: jika semua jerih-payah duniawi ini kita tinggalkan saat tubuh terkubur, jika pikiran, perbuatan dan ucapan dimintai pertanggungjawaban, lantas apa makna menjadi manusia? Siapakah diri kita yang tidak pernah minta dilahirkan namun harus menjalani beragam perjuangan yang kerap menyusahkan, terombang-ambing dalam suka dan duka?

Manusia mengisi dan menjalani hidup dengan banyak ketegangan di dalam diri, dengan jiwa yang tercerai-berai seakan tak saling berhubungan, sehingga tidak pernah benar-benar mengenal siapa diri yang sesungguhnya. Jika begitu, bagaimana bisa kita mengenal Tuhan saat siapa sejatinya diri ini tidak kita kenali sepenuhnya?

Close

Samudra Kezuhudan Gus Dur – Diva Press

Rp 75.000

Sudah banyak orang menulis tentang Gus Dur dalam sejumlah spektrum tema. Namun, belum ada yang menulis dimensi sufisme Bapak Pluralisme itu kecuali di buku ini. Jadi, buku ini ibarat sebuah permata pelengkap kepustakaan tentang Gus Dur–seorang tokoh dengan sepak terjang sedemikian luas.

Perbedaan buku dengan buku-buku Gusdurian lain; ia menitikberatkan pada dimensi sufisme dalam kehidupan beliau. Tesis penting yg diangkat penulis buku ini adalah bahwa Gus Dur tak pernah memosisikan diri sebagai seorang sufistik dan jarang pula menyisir kalimat-kalimat sufistik.

Namun, jika diamati, sesungguhnya pemikiran, model perjuangan, dan pola hidup keseharian beliau benar-benar bernuansa tasawuf. Buku ini akan memaparkannya untuk Anda.

-10%
Close

Fiqh Perempuan – Diva Press

Rp 85.000 Rp 76.500

Dalam beberapa tahun belakangan, perbincangan di sekitar hak-hak perempuan terus bergulir di berbagai forum nasional maupun internasional. Perbincangan tersebut mengarah pada soal keadilan relasi laki-laki dengan perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan. Hal ini karena perempuan seringkali diperlakukan secara diskriminatif dengan dalih perbedaan gender. Bahkan, yang lebih mencengangkan sekaligus menarik ialah manakala diketahui bahwa “agama” ternyata ikut terlibat dalam diskurus diskriminatif berbasis gender tersebut. Pertanyaan mendasar yang sering diajukan terkait dengan isu ini ialah apakah agama mengafirmasi relasi laki-laki dan perempuan sebagai relasi yang setara dan sejajar menyangkut hak-hak sosial, ekonomi, budaya, politik, dan sebagainya? Secara lebih elaboratif, pertanyaan ini dapat dikembangkan menjadi: apakah kaum perempuan, dalam pandangan agama, khususnya Islam, memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan dan kedudukan yang sama dan adil dengan kaum laki-laki, baik dalam domain privat (domestik) maupun publik; misalnya menentukan pilihan pasangan hidup, menjadi kepala keluarga atau menjadi kepala negara/pemerintahan dan pengambil kebijakan publik lainnya, mendapatkan akses pendidikan dan upah yang sama dengan laki-laki, dan seterusnya? Buku yang ada di tangan Anda ini merupakan edisi representasi dari kegelisahan fiqh tersebut.

Close

The Heart of Man – Diva Press

Rp 70.000

Buku ini mencoba mengembangkan lebih jauh gagasan-gagasan yang telah disajikan oleh Fromm dalam karya-karya sebelumnya. Dalam Escape from Freedom, ia berhadapan dengan masalah kebebasan dan sadisme, mashokisme dan kerusakan. Di buku ini, ia mengembangkan apa yang disebutnya sebagai nekrofilia (rasa cinta pada kematian) dan biofilia (rasa cinta pada kehidupan). Dalam Man for Himself, ia mendiskusikan masalah norma-norma etis yang didasarkan pada pengetahuan kita tentang sifat alami manusia, bukan ada ilham atau hukum-hukum dan ketentuan-ketentuan yang dibuat oleh manusia. Di buku ini, ia mengejar masalah tersebut lebih jauh dan mendiskusikan asal usul kejahatan serta pilihan antara kebaikan dan kejahatan.

Dalam The Art of Loving, Fromm menelisik soal kemampuan manusia untuk mencintai. Sementara, di buku ini, ia mengkaji secara mendalam tentang kemampuan manusia untuk menghancurkan, narsisme, dan fiksasi insestisnya. Masalah cinta kasih dibawa oleh Fromm ke dalam ranah baru dan lebih luas, yaitu cinta pada kehidupan. Fromm mencoba menunjukkan bahwa cinta semacam itu tidak bergantung pada apa pun, dan bahwa penanggulangan narsisme membentuk sebuah “sindrom pertumbuhan”, lawan dari “sindrom peluruhan”, yang dibentuk oleh cinta pada kematian, simbiosis insestis, dan narsisme yang ganas. Namun, terlepas dari semua itu, setelah membaca buku ini, kebanyakan orang menilai Fromm sebagai pendiri madzhab baru psikoanalisis, yakni neo-Freeudianisme.

Close

Nasihat-Nasihat Keseharian – Diva Press

Rp 60.000

Kecantikan (ketampanan) yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya. (Buya Hamka) ***

Itulah salah satu nasihat berharga dari Buya Hamka, dengan nama asli Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah. Beliau adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, sekaligus seorang ulama, dosen, penulis, dan sastrawan Indonesia.

Selain Buya Hamka, buku ini pun menyuguhkan segudang nasihat berharga dan’ Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab. Beliau adalah rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta ( 1992-1998) sekaligus penulis karya legendaris, yakni Membumikan al-Qur’an, Lentera Hati, Wawasan al-Qur’an, dan TafSir aI-Misbah.

Buku ini juga menyajikan ragam nasihat dari Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii Maarif). Beliau adalah seorang ulama, ilmuwan, penulis, dan pendidik Indonesia. Tak ketinggalan pula, nasihat-nasihat dari KH. Husein Muhammad (Buya Husein Muhammad). Salah satu bukunya yang banyak digunakan sebagai referensi aktivis perempuan adalah Fiqh Pemupuan; Refleksi Kiai atas Wacana Agama dan Gender. Selamat menyelami samudra nasihat!

Close

Kritik Wacana Teologi Islam – Diva Press

Rp 65.000

Buku ini ialah komentar kritis Muhammad Abed aI-Jabiri terhadap pemikiran Ibnu Rusyd yang mengkritik secara tajam ‘ilmu kalam”, khususnya Mazhab Asy’ari. PenuHsnya sampai pada penilaian bahwa pendapat para ahli kalam tidaklah benar. Dan, oleh karena itu, pendapat-pendapat para ahli kalam tidaklah pantas dihubungkan dengan masyarakat umum, terutama para ulama.

Walaupun kritik yang tertuang di buku ini dikhususkan pada Mazhab Asy’ari, toh kritik senada juga diarahkan pada Mazhab Mu’tazilah, lawan polemik Mazhab Asy’ari, dengan bentuk yang sama, baik terhadap halhal yang mereka adopsi dari Mazhab Asy’ari, seperti tentang masalah substansi (iauhar alfardl) atau masalah yang menimbulkan pertentangan dengan mereka.

Di buku ini, kita tidak hanya disuguhi beragam kritik lbnu Rusyd yang bernas, tetapi juga diajak untuk merenungi secara kritis komentar-komentar Muhammad Abed alJabiri, seorang kritikus dan profesor filsafat dan pemikiran ls|am, yang sangat tajam dan berani. Selamat membaca!

Close

Pergolakan Pemikiran Dalam Islam – Diva Press

Rp 85.000

Buku ini membahas berbagai pergolakan pemikiran dalam Islam, yang meliputi timbulnya gerakan sempalan dan sikap Ahlu Sunah—sekte Khawarij—sekte Syi’ah—mazhab Murji’ah, Jabariyah, dan Qadariyah—pemikiran mazhab Mu’tazilah—tokoh-tokoh penyumbang pemikiran mazhab Mu’tazilah—perkembangan pemikiran Asy’ariyah—mazhab Asy’ariyah-Ghazaliyah—orientasi pemikiran Salafiyah—gerakan Wahabiyah—masuknya pengaruh filsafat Yunani Purba—mempertemukan filsafat dan agama—kaitan filsafat dengan ilmu pengamatan—persoalan neosufisme dan spiritual Islam—mistik dalam karya sastra daerah—gerakan protes dalam Islam di Indonesia—kebangkitan dan perkembangan pikiran modern—perluasan wawasan keilmuan Islam. Kajian penting bagi siapa pun yang ingin mendalami gerakan pemikiran Islam.

Close

Psikologi Freud – Diva Press

Rp 65.000

Nama besar Sigmund Freud tidaklah asing di telinga kita. Ia adalah seorang pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Karya-karyanya (sejak awal tahun 1890-an hingga 1930-an) yang menyajikan teori-teori psikologis dikenal luas di dunia. Salah satunya adalah buku ini, yang menerangkan teori-teori psikologisnya secara jelas, ringkas, sistematis, dan komprehensif. Buku ini mengajak para pembaca mengenal Sigmund Freud lebih dekat sekaligus warisan ilmiahnya. Ia menganggap psikoanalisis sebagai satu sistem psikologi, bukan cabang psikologi abnormal atau psikiatri belaka. Ia pun ingin diingat dan diidentifikasi sebagai seorang psikolog. Selain itu, buku ini mengupas tuntas pula mengenai dinamika kepribadian (energi psikis, insting kehidupan dan insting kematian, kesadaran dan ketaksadaran, dan lain-lain), perkembangan kepribadian (identifikasi, transformasi beragam insting, perkembangan insting, dan lain-lain), penyusunan kepribadian (id, ego, dan super-ego), kepribadian yang stabil, dan lain sebagainya. Istimewanya, buku ini pun menyuguhkan informasi seputar kumpulan karya Sigmund Freud. Ada pula bacaan-bacaan lain yang direkomendasikan berkaitan dengan psikoanalisis.

Close

Logika Ushul Fiqh – Diva Press

Rp 68.000

Sebagai sebuah perspektif teori, ushul fiqh mempunyai peran penting dalam mengerangkakan bangunan epistemologi hukum dalam Islam. Ia dibangun oleh para yuris Islam, bukan saja didasarkan pada semangat teks wahyu, tetapi juga dikombinasikan dengan logika berpikir ilmiah. Dengan kombinasi tersebut, ushul fiqh dinilai terus relevan dijadikan perspektif teori dalam beragam kajian hukum mutakhir. Dengan menggunakan ilmu ushul fiqh sebagai alat analisis, diharapkan berbagai kajian hukum modern mendapatkan momentum penyelesaiannya sesuai prinsip-prinsip maqashid asy-syari’ah (tujuan hukum), yakni untuk menebar kemaslahatan dan mencegah terjadinya kerusakan.

Buku mengungkap peran penting logika dalam merumuskan kaidah-kaidah ushul fiqh, termasuk sejauh mana kaidah-kaidah tersebut mampu melahirkan preskripsi hukum sesuai dengan tujuan disyariatkan Islam itu sendiri. Hukum lahir bukan dalam ruang vakum, melainkan dikreasi untuk menatakelola kehidupan manusia di dunia dan akhirat. Pilihan teori dalam kajian hukum sangat menentukan sejauh mana ia dapat mengapresiasi prinsip luhur sebuah hukum dibentuk sesuai tujuan asasinya. Dalam konteks inilah, buku ini hadir untuk ikut mendiskusikan ilmu ushul fiqh sebagai teori hukum. Selamat membaca!

Close

Bulu Matamu: Padang Ilalang – Diva Press

Rp 60.000

bulu matamu: padang ilalang
Di tengahnya sebuah sendang

Kata sebuah dongeng.
Dulu ada seorang musafir
datang bertapa untuk membuktikan
apakah benar wajah bulan
bisa disentuh lewat dasar sendang

Ia tak percaya, maka ia menyelam
Tubuhnya tenggelam dan hilang
di arus maha dalam.
Arwahnya menjelma
pusaran air berwarna hitam

Bulu matamu: padang ilalang.

Close

Islam Tradisional Yang Terus Bergerak – Diva Press

Rp 80.000

Bersama dua anak kandungnya yang tak dapat kita to|ak kelahirannya, kebebasan dan HAM, arus modernitas terus bergerak cepat ke depan. Sementara, umat Islam tetap berada dalam keadaan stagnan. Akibatnya, realitas kebudayaan kaum Muslimin di seluruh dunia termarginalisasi. Tradisi dan kebiasaan-kebiasaan mereka dicabik-cabik dan digerus oleh proses modernitas. Bahkan, di banyak negara Islam, umat Islam menjadi sasaran pembodohan dan pemiskinan bangsa-bangsa maju. Lantas, bagaimana kaum Muslimin menjawab klaim diri bahwa Islam adalah unggul dan tak bisa diungguli, di tengah amuk gelombang paling gila bernama modernisme itu? Bagaimana pula kaum Muslimin dapat membuktikan klaim bahwa Hukum Islam itu selaras dengan perkembangan zaman? Buku ini merekam dengan sangat baik dinamika pemikiran Islam tradisional, yaitu kalangan intelektual muda NU dan pesantren, di tengah gempuran dahsyat modernisme dalam satu dasawarsa ini. Realitas-realitas yang terjadi di kalangan kaum Muslimin tersebut ditatap dengan tajam dan keprihatinan yang penuh oleh generasi muda yang progresif itu. Semua itu dilakukan dalam rangka agar kaum Muslimin mampu berdiri tegak di atas kaki agama Islam di tengah cengkeraman modernisme.

-8%
Close

Setrika Arang di Belakang Bioskop Mega

Rp 65.000 Rp 60.000

Banyak dari anak muda pada dekade 1980-an menggunakan dokar. Dahulu perjalanan terasa cukup jauh jika dari daerah Mayang sebab Jembatan Makalam juga belum dibangun. Peminat setrika arang pun dulu juga banyak. (Hal.99)

Seperti kata Etgar Keret, setiap penulis tentu punya sudut pandang unik terhadap sebuah peristiwa atau suatu objek. Saya kemudianbertanya pada Meiliani tentang apa makna menuliskan Jambi baginya. “Menulis tentang Jambi adalah usaha untuk mengenal diri sendiri,” jawabnya. (Hal.5)