The Darkened Valley – Alex Runggeary

Cerita dalam buku ini dibangun di atas fakta dan diolah melalui fiksi. Kisah dalam buku ini menceritakan kebrutalan militer Indonesia terhadap rakyat Papua pada tahun 1963-1969. Bahkah kebrutalan ini terus berlanjut dalam bentuk dan waktu yang berbeda, yang tentu saja tidak bekesudahan. Semua orang menjadi buta dan tuli untuk melihat dan mendengar jerit tangis mereka. Di sini!

Bagian awal adalah cerita tentang masa kehidupan baru di Indonesia. Bagaimana kehidupan di asrama, khususnya cerita tentang Kota Serui yang kecil dan permai. Kemudian disusul beberapa bagian yang menceritakan bagaimana kehidupan yang berat di kampung pada masa sebelumnya. Seperti keputusan untuk dapat bersekolah yang tidak semudah membalik telapak tangan. Perjuangan keras di tengah sistem pendidikan Belanda yang mengharuskan “hanya yang terbaik yang bisa lolos ke jenjang pendidikan berikutnya”. Sekolah adalah suatu perjuangan tersendiri yang melibatkan seluruh anggota keluarga, bahkan orang sekampung. Pendidikan di sekolah haruslah diraih, bukan hadiah.

Kemudian cerita bersambung lagi ke Serui, di asrama ODO. menceritakan bagaimana bentrokan dengan tentara terjadi. Bagaimana Organisasi Papua Merdeka (OPM) bergeliat di tengah pengetatan kekejaman tentara Indonesia. Ada pula kisah cinta segitiga yang terjadi antara murid dan guru yang memperebutkan seseorang yang sama. Apakah ada unsur persekongkolan dan pengkhianatan?

SKU: 39229
Format

Jilid Biasa

ISBN

978-602-3093-62-5

Penerbit

Indie Book Corner

Tahun Terbit

2018

Jumlah Halaman

300

Close