Beranda » Politik & Ilmu Sosial » Pemerintahan

Tampilkan 11 hasil

Show sidebar
Sold out
Close
Close
-19%Hot
Close

Politik 3.0

Rp 80.000 Rp 65.000

Dalam suasana elektoral sedemikian pekat dengan intensitas lintang pukang seperti yang kerap kita alami, sebuah pertanyaan penting diajukan: ketika kompetisi elektoral tengah berlangsung, adakah rakyat telah menjadi subjek yang sesungguhnya? Pertanyaan ini bukan remeh, meski sebagian akan menjawabnya sebagai hal yang telah usai. Pertanyaan itu sendiri masih menyimpan kemungkinan jawaban yang beragam, namun satu hal yang pasti adalah ketika suara telah selesai dihitung dan kotak suara telah ditutup, rakyat tak ada lagi.

POLITIK 3.0 ini, hendaknya ingin  menyajikan  bahwa semua politikus sebenarnya bisa berpolitik  di pangung demokrasi dan selama itu  pun mereka juga  akan tetap dicintai oleh rakyatnya. Bahwa politik bisa dikelolah menjadi upaya untuk menggapai mimpi-mimpi melalui program dan langkah-langkah strategis. Semua orang bisa menggapainya sepanjang memiliki asa dan tekad yang kuat untuk menghadirkan warna baru ditengah jagad perpolitikan kita yang cendrung seragam.

Yang dipotret di buku ini bukan sekadar perjalanan seorang Politisi muda, tetepi bagaiman para relawannya menjadi bagian penting  dari semua proses politik yang dilalui seseorang.

Para relawan  tak banyak dicatat, mereka kerap dilupakan.  Padahal peran merka tidaklah kecil. Mereka adalah kekuatan utama yang menjadi garda terdepan para politisi. Suka dan duka sudah dirasakan oleh mereka, tetapi dibalik sudak dan duka para relawan itu kemudian muncullah sosok politikus kita yang sesungguhnya.

Sold out
Close

Pijar-Pijar Pemikiran Gramsci

Rp 58.000

Tak sedikit orang percaya kapitalisme adalah kodrat alam. Mustahil untuk menentangnya. Apabila kapitalisme berakibat buruk, yang bisa dilakukan cuma mengurangi dampak itu. Maka muncullah gagasan-gagasan ganjil macam kapitalisme berwajah manusiawi atau kapitalisme dengan empati (compassionate capitalism). Bagi Gramsci, kapitalisme tak bisa ditenggang. Kapitalisme harus dikubur. Dan bangunan sosialisme musti ditegakkan si atasnya. Buku ini memaparkan dengan lengkap, sistematis, dan gamblang pikiran-pikiran Gramsci yang sering dianggap rumit, meliputi banyak hal, tapi brilian itu. Bagaimana masyarakat sosialis diwujudkan, apa yang harus dilakukan, tahap-tahap apa yang harus dilalui, elemen-elemen apa yang harus digerakkan dan bagaimana melakukannya, semuanya tercakup dalam buku ini.

-8%Sold outHot
Close

Kekerasan Budaya Pasca 1965: Bagaimana Orde Baru Melegitimasi Anti-Komunisme Melalui Sastra dan Film

Rp 76.000 Rp 70.000

“Saat moralitas dibangun di atas kuburan massal dan diamankan melalui teror serta kebohongan, kehampaan moral tak syak lagi terjadi. Wijaya Herlambang dengan cemerlang menganalisa perkembangan historis dan dinamika diskursif dari kehampaan ini, menguak gagasan-gagasan yang membuat kebohongan tampak benar.”

— Joshua Oppenheimer, sutradara film dokumenter The Act of Killing

-10%Sold out
Close

Posmarxisme & Gerakan Anti Perang

Rp 50.000 Rp 45.000

Pada dasarnya, teori Posmarxisme menurut Philip Goldstain, sangat dipengaruhi oleh perkembangan teoritis Strukturalisme, dan Posstrukturalisme. Seperti konsep hegemoni dan strategi sosialis dan demokrasi radikal di dalam buku “Hegemoni dan Strategi Sosialis: Post Marxisme dan Gerakan Sosial Baru yang ditulis oleh Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe; bahwa teori Posmarxisme itu melepaskan idieologi dari basis materialnya. dan masuk dalam kehidupan sosial, ideologi atau diskursus.

Maka dari itu, selain mempengaruhi gerakan sosial, ideologi Posmarxisme juga menjadi sangat penting untuk kehadiran beberapa gerakan sosial yang berada di dunia saat ini. Termasuk gerakan anti perang, gerakan ekologisme, dan gerakan-gerakan lainnya yang berupaya menuju perdamaian dunia.

-10%Sold outHot
Close
-34%Hot
Close

Jokowi dan Ben-Hur

Rp 68.000 Rp 45.000

Dari sejak lahir hingga memulai membuat usaha mebel, tidak ada tanda-tanda bahwa Jokowi akan menjadi presiden. Bintangnya bersinar setelah dapat mengekspor mebel. Berhasil menduduki kursi walikota hingga kursi presiden, tidak lepas dari peranan Megawati Sukarnoputri yang menjabat Ketua Umum PDI Perjuangan sejak sebelum Jokowi menjadi Ketua Asmindo Solo. Dalam pemilihan gubernur dan pemilihan presiden, Jokowi bersama PDI Perjuangan harus menembus barikade SARA yang dipasang oleh pihak lawan dan berhasil dilewati berkat dukungan para relawan termasuk Grup Musik Slank. Disertai kegigihan mempertahankan politik non-transaksional, akhirnya terbuka lembaran baru Sejarah Indonesia, presiden terpilih dapat menjalankan kekuasaan sesuai amanat UUD yang menganut sistem presidensiil. Jalan penuh liku menuju kekuasaan yang juga mengungkap masalah suku dan adanya Tuhan yang berbeda. Ditulis agar dapat dibaca oleh banyak orang yang menginginkan bangsanya menjadi bangsa yang hebat.

-12%Sold out
Close

Yogyakarta Sister City

Rp 60.000 Rp 53.000

Dalam masyarakat internasional dewasa ini, perjanjian internasional memainkan peranan yang sangat penting dalam mengatur kehidupan dan pergaulan antarnegara. Dalam dunia yang ditandai saling ketergantungan dewasa ini, tidak ada satu negara yang tidak diatur oleh perjanjian dalam kehidupan internasionalnya.

Buku ini menjelaskan tentang kewenangan dan status pemerintah daerah dalam melakukan hubungan internasional dan dalam membuat perjanjian internasional. Seiring dengan berlangsungnya otonomi daerah, kini pemerintah daerah di Indonesia telah banyak menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di luar negeri yang kemudian dituangkan ke dalam perjanjian internasional. Buku ini khususnya berisi tentang perjanjian kota atau provinsi kembar (sister city/sister province) yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

Close

Manajemen Barang Milik Daerah

Rp 40.000

Saat ini, istilah good governance bukan lagi sekadar wacana yang dibicarakan dalam berbagai kajian akademis maupun kalangan para praktisi, tetapi sudah menjadi tuntutan untuk dilaksanakan dan dipantau pelaksanaannya.

Untuk mewujudkan good governance diperlukan dua pendekatan yang simultan penerapannya, yaitu pendekatan struktural dan pendekatan kultural.

Buku ini berisi tentang manajemen Barang Milik Daerah (BMD) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bagian dari pendekatan struktural dengan mengkompilasi berbagai peraturan perundang-undangan yang terbaru.

Buku ini menjelaskan secara detail tentang bagaimana seharusnya aset daerah itu dikelola dengan baik, ditinjau dari aspek teoritis maupun aspek normatif, sehingga bukan saja bermanfaat bagi para aparatur pemerintah daerah dan anggota DPRD, tetapi juga penting untuk dibaca para mahasiswa di perguruan tinggi, khususnya yang menekuni bidang keuangan daerah.