Kiat Membeli Buku Secara Online

Salah satu pemanfaatan teknologi di era digital ini ialah dengan cara melakukan perniagaan secara online. Layaknya rumput liar di pekarangan rumah, perniagaan secara online sudah tumbuh semakin subur. Faktor penting maraknya jual-beli secara online ialah tidak lain tidak bukan karena mempermudah penjual maupun pembeli melakukan transaksi. Rutinitas yang padat membuat masyarakat ingin tetap bisa memenuhi kebutuhannya melalui perniagaan secara online.

Barang yang dijajakan sangat beragam, mulai dari pakaian, makanan, gawai, peralatan rumah tangga, bahkan sampai merambah ke perbukuan. Ketelitian menjadi faktor utama dalam keberhasilan melakukan jual-beli secara online. Bila tidak berhati-hati, sudah tentu ada pihak yang merugi. Berkait dengan hal tersebut, saya mencoba memberikan alternatif kepada pembaca yang budiman tentang apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembelian buku secara online.

1. Kenali Buku yang Ingin Dibeli

“Tak kenal maka tak sayang” bukanlah suatu jaminan apabila kita sudah mengenal buku yang ingin kita beli, maka dengan serta-merta kita menyayangi buku tersebut. Kelirulah kita apabila membeli buku lantaran judulnya saja, lebih-lebih karena mengikuti tren semata. Ketika kita sudah mengetahui buku apa yang ingin dibeli, kiranya kita dapat memikirkannya secara mendalam, apakah buku itu yang kita butuhkan atau tidak? Walau setiap buku pasti berguna, perlu kita sadari bahwa tidak semua buku bisa kita terima. Kiranya itulah mengapa kita mengenal sebuah istilah “Setiap tulisan akan bertemu pembacanya masing-masing”. Kenali dan pahami buku yang ingin dibeli adalah aspek penting sebelum kita membeli buku. Salah dua cara untuk mengenal dan memahami lebih lanjut tentang buku yang ingin kita beli adalah dengan mencari tahu siapa penulisnya dan membaca ulasan buku tersebut.

2. Memahami Toko Buku Online

Setiap toko buku online memiliki identitas. Identitas itu dapat dilihat dari beberapa hal. Pertama, jenis buku yang dijual. Kedua, tampilan laman toko. Ketiga, gaya bahasa dalam menjual dan melayani pembeli. Perlu menjadi catatan kalau-kalau hanya sedikit sekali toko buku online yang menjual segala macam jenis buku. Kebanyakan toko buku online memilih menjual buku secara tematik. Ada yang hanya menjual buku bertema sastra, sosial dan politik, sejarah, atau buku anak-anak saja. Ada pula yang menjual buku-buku lawas dan ada pula yang menggabungkan beberapa subjek, misalnya, hanya menjual buku-buku sosial politik dan sejarah. Di sinilah pentingnya kita mengenali toko buku yang ingin kita beli. Jangan sampai kita mencari buku resep-resep makanan di toko buku online yang khusus menjual buku-buku sains, pun sebaliknya.

3. Menentukan Toko Buku Online Sebelum Belanja

Padatnya rutinitas acap kali menjadi alasan kenapa akhirnya kita memilih untuk berbelanja secara online. Toko buku online menjadi sarana alternatif bagi para pembaca untuk membeli buku. Hal tersebut dilakukan lantaran tidak semua buku dijual di toko buku konvensional. Terlebih para pemburu buku-buku lawas yang memang peredarannya sudah terbatas. Kalau sudah seperti ini, makin teranglah manfaat toko buku-toko buku online.

Sebagai pembaca dan konsumen buku, kita harus bijak dalam menentukan toko buku online mana yang ingin kita gunakan jasanya. Banyak kasus tidak menyenangkan yang sudah terjadi. Misal, di keterangan dikatakan buku tersebut orisinal tetapi ketika sampai di tangan nyatanya buku tersebut adalah hasil reproduksi si penjual atau malah hasil pembajakan. Yang paling menyakitkan ialah jika konsumen ditipu mentah-mentah: si penjual sudah menerima transfer pembayaran namun tidak mengirimkan buku yang telah dipesan sama sekali.

Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui kalau toko buku online tersebut dapat dipercaya atau tidak? Menurut saya, cara terbaik yang dilakukan ialah mencari tahu reputasi toko buku online tersebut. Reputasi menjadi aspek penting sebelum kita memutuskan untuk menggunakan jasanya. Lantas bagaimana kita dapat mengetahui kalau toko buku online tersebut mempunyai reputasi yang baik? Untuk mencari tahu ialah dengan cara menelisik perjalanan toko buku online yang ingin kita pilih. Toko buku online yang memiliki reputasi bahkan integritas yang baik dapat dilihat dari kualitas informasi yang diberikan di medianya. Bagi toko buku online yang mencantumkan alamatnya sudah tentu menjadi nilai tambah tersendiri karena itu membuktikan keberadaannya di dunia nyata. Penting kiranya bagi kita untuk mencari dan mendengarkan saran dari teman-teman, sahabat, atau kekasih (kalau punya) yang pernah membeli buku secara online. Saran dari mereka akan sangat membantu kita dalam menentukan toko buku online mana yang ingin kita gunakan jasanya.

Untuk mencari tahu toko buku online tersebut terpercaya atau tidak dapat dilihat pula dari harga yang ditawarkan. Menurut saya, toko buku online yang terpercaya tidak akan menjual buku dengan harga yang terlampau murah dari harga aslinya. Kalau pun harganya berbeda dari harga aslinya, kiranya perbedaan harganya pun tidak jauh beda. Dari pengalaman saya, perbedaan harga toko buku online berada di kisaran 3.000-10.000 rupiah lebih murah dari harga aslinya.

Jika segala aspek pendukung yang tertera di atas sudah terpenuhi, barulah kita dapat menentukan toko buku online mana yang ingin kita pilih. Saran dari saya janganlah kita terlalu tergiur dengan harga yang terlampau murah dari harga aslinya. Sekali pun kita berharap mendapatkan harga yang lebih murah, kita juga harus berpikir secara objektif.

Lebih lanjut, yang tidak kalah penting dari membeli buku adalah senantiasa memperkaya literasi. Mereka yang membaca pasti menulis dan mereka yang menulis pasti membaca. Bila perlu dan memang sangat perlu, mari kita tingkatkan budayakan literasi di Indonesia.

Akhir kata, selamat menyayangi buku, selamat membaca, selamat menulis, dan salam literasi!

Tinggalkan Balasan