Berita, Pengumuman

Akun Facebook Indie Book Corner Resmi Dihapus!

Beberapa hari yang lalu, facebook menghubungi akun Indie Book Corner dan meminta kami melakukan konfirmasi keaslian akun. Syaratnya ialah mengirim salinan tanda pengenal. Katanya facebook hanya akan mengizinkan akun personal untuk menggunakan layanannya. Alangkah diktatornya tuhan facebook ini, pikir saya. Tentu kami tak bisa melakukan konfirmasi, IBC tidak punya KTP atau SIM, karena IBC bukan manusia. Tidak pernah juga jadi pengendara motor dan menjemput ceweknya di malam minggu. Ancamannya, akun kami akan dihapus. Duh, Mark… Ampuuun.

Tentu saya harus melakukan negosiasi. Saya minta perlakuan khusus, mengingat IBC adalah sebuah lini usaha berbasis komunitas, juga mengingat kami sudah lebih dari 6 tahun memakai akun tersebut berinteraksi dengan 5000 akun di list pertemanan. (Jumlah follower lebih banyak lagi, sehingga total akun yang ikut berinteraksi bisa lebih dari 2 kali lipat dari jumlah teman). Kalaupun akun ini harus dihapus, saya minta facebook menggabungkan akun tersebut ke fanspage Inibukuku yang juga kami kelola.

Saya kirimkan balasan dengan isi seputar pandangan tadi. Hasilnya Nol. Facebook menanyakan sekali lagi dengan cara yang sama. Sudah pasti ini yang jawab mesin, dan mesin memang tak punya perasaan. Saya putar otak, saya bikin sebuah poster sebagai pengganti salinan identitas, isinya bukan ID palsu dengan nomer seri ngawur. Isinya adalah surat cinta, desainnya ya dari mana lagi kalau bukan dari Canva! Poster surat cinta jadi, saya kirim ke facebook. Jawabannya masih sama. Terima kasih bla…blaaa… bla. Saya sudah putus asa. Ya sudah, biarkan aja akun itu hilang, toh kami punya grup dengan nama yang sama dan fanspage inibukuku. Meskipun interaksinya tidak sekuat akun personal.

Akun Indie Book Corner akhirnya hilang. Punahlah harapan kami. Hanya saja, tadi pagi ada kabar gembira yang datang dari facebook. Rupanya surat cinta saya terbaca dan permohonan dikabulkan. Facebook meminta kami mengubah akun yang sudah dihapus tadi menjadi fanspage. Alhamdulillah, Mark Yahudi ini memang baik dan sudah membuat banyak sekali solusi yang kemungkinan timbul akibat adanya akun-akun semacam IBC. Proses konversi selesai, maka jadilah page Indie Book Corner.

Maka mulai hari ini kami resmi memakai page tersebut sebagai page resmi kami. Buat teman-teman yang sudah berteman dengan akun yang lama dan tidak menemukannya lagi, silakan saja like page ini. Di sana nanti kami akan share apa saja, dan berinteraksi dengan siapa saja. Page inibukuku, masih aktif dan dalam proses merger juga. Mungkin facebook sebenarnya punya fasilitas merger tanpa harus kirim surat cinta. Tapi mbuh ya, saya tidak menemukannya.

Tulisan ini penting kiranya disimak oleh akun-akun nonmanusia semacam Dongeng Kopi, Pojok Cerpen, Stalinebook, Toko Buku Barokah, Rockhand Sindikat BoekoeRadiobuku Live Streaming dan akun teman-teman yang lain. Coba cek inbox, siapa tahu Anda sudah dikasih surat cinta dari facebook. Kalau tidak segera direspons dan ditanggapi, akun Anda bisa jadi akan dihilangkan. Daripada nanti harus mulai dari awal dan Anda kehilangan teman sekaligus pasar (hehe). Sebab facebook nggak butuh Petrus untuk melakukan tindakan itu.

Salam

Related Posts

Tinggalkan Balasan