artikel, Kolom

5 Toko Buku Indie yang Wajib Kamu Kunjungi

Disclaimer: artikel ini ditulis Dwi Ayu Susilawati dan kali pertama tayang di IDN Times.

Apakah kamu termasuk orang yang sering singgah ke toko buku untuk mencari bahan bacaan baru? Atau kamu sedang mencari bacaan yang bisa menggugah minat bacamu. Maklum, sudah akhir tahun nih, berapa banyak buku yang sudah kamu baca? Sudah memenuhi resolusimu belum?

Jika kamu merasa susah menemukan bacaan yang menarik hati di toko buku ternama, sepertinya ini waktunya kamu menilik beberapa bacaan alternatif. Dengan perkembangan teknologi, kamu gak perlu keliling kota mencarinya. Cukup lewat media sosial kamu bisa coba cek lokasi toko bahkan bisa belanja bukunya sekalian. Berikut beberapa rekomendasi toko buku indie dengan segudang bacaan non arus utama yang wajib kamu tengok.

 1.  POST Bookshop

Kalau kamu warga ibukota, coba deh mampir ke pasar Santa dan temukan toko buku bernama Post ini. Pendirinya adalah suami istri yang gemar hunting buku-buku unik dari berbagai penjuru dunia. Mereka kemudian menjual hasil hunting mereka untuk teman-teman yang mencari bahan bacaan alternatif.

Tak hanya buku impor, mereka juga menjual buku karya penulis Indonesia yang tentunya jarang bisa kamu temui di toko buku arus utama. Toko buku ini buka setiap akhir pekan dan sering kali mengadakan seminar atau sharing session tentang kepenulisan. Buat kamu yang tidak tinggal di Jakarta, kamu masih bisa menikmati buku-buku mereka dengan cara memesan secara online.

2. Berdikari Book

Toko buku yang bermarkas di Yogyakarta ini punya segudang koleksi bacaan alternatif yang tentunya susah kamu dapatkan di toko buku biasa. Tak hanya novel, mereka juga menyediakan memoar serta buku-buku non-fiksi. Buat kamu penggemar ide-ide antimainstream, toko buku ini bisa jadi pelabuhanmu.

 

3. Indie Book Corner

Buat kamu warga Yogyakarta, toko buku ini letaknya sebenarnya cukup strategis yaitu di daerah belakang sebuah mall besar di daerah Condongcatur, Sleman. Kalau bosan main ke mall, tak ada salahnya mampir ke toko buku yang desain tempatnya saja sudah artsy dan homey ini.

Mirip dengan Post, toko buku ini juga sering mengadakan workshop tentang literasi. Selain itu, mereka juga menyediakan jasa konsultasi naskah dan penerbitan independen.

 

4. Kineruku

View this post on Instagram

Sore hari ini di #Kineruku 🌿

A post shared by Kineruku (@kineruku) on

Selain toko buku, Kineruku juga digunakan sebagai sebuah kafe kekinian. Toko buku dan kafe yang terletak di Bandung ini buka setiap hari dari pagi sampai malam, kecuali hari Selasa. Menariknya, beda dengan kebanyakan toko buku indie lainnya, Kineruku banyak menyediakan buku bacaan untuk anak-anak.

Tenang, buat kamu yang di luar Bandung, toko buku ini juga menyediakan layanan pembelian secara online.

5. The Lucky Boomerang Bookshop

Bisa dibilang ini adalah hidden gem khas Yogyakarta. Bagaimana tidak? Toko buku ini tidak hanya menarik dari segi settingnya, tetapi juga letaknya yang berada di dalam sebuah gang sempit di sebuah perkampungan di Sosrowijayan, termasuk dekat dengan khawasan Malioboro.

Tidak hanya menjual buku, toko buku ini juga bersedia membeli buku bekas yang dianggapnya worth it. Jadi jangan heran kalau kamu bakal menemukan buku-buku bekas berbahasa asing yang masih layak baca. Toko buku ini tidak melayani pembelian online, jadi bikin makin penasaran ‘kan?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.